Comscore Tracker

Jadi Viral, Video Tendang Sesajen Awalnya Cuma untuk Pengajian Ibu-ibu

Pelaku minta penyebar videonya diusut

Surabaya, IDN Times - Kuasa hukum pelaku penendang sesajen di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru mengatakan bahwa kliennya tidak berniat untuk menyebarkan kebencian atau menyakiti siapa pun. Aksi membuang sesajen oleh Hadfana Firdaus (34) tersebut sebenarnya ditujukan untuk edukasi dalam forum pengajian ibu-ibu, bukan sebagai konsumsi publik.

1. Hadfana membuang sesajen karena merasa itu salah berdasarkan agamanya

Jadi Viral, Video Tendang Sesajen Awalnya Cuma untuk Pengajian Ibu-ibuPembuang sesaji di Lumajang. IDN Times/Tangkapan layar

Hal ini disampaikan oleh kuasa hukum Hadfana, Moh Habib Al Qutbhi mengatakan bahwa Hadfana membuang sesajen yang ia temukan karena merasa hal tersebut tidak benar berdasarkan keyakinannya. Hadfana tidak berniat untuk menyakiti suatu golongan tertentu.

"Dia ini hanya melihat ada benda di situ, kemudian tidak sesuai, kemudian di singkirkan seperti itu. Tidak ada niat untuk menyakiti atau membuat masayarakat Lumajang tidak pas, seperti itu. Tidak ada motif lain, apalagi ketersinggungan dan lain sebagainya," ujar Hadfana, Sabtu (15/1/2022).

2. Video penendangan sesajen untuk bahan edukasi pengajian ibu-ibu

Jadi Viral, Video Tendang Sesajen Awalnya Cuma untuk Pengajian Ibu-ibuTersangka peninstaan agama penendang sesajen di Gunung Semeru saat dibawa penyidik Polda Jatim, Jumat (14/1/2022). (IDN Times/Fitria Madia).

Setelah video itu direkam, Hadfana mengirimkannya ke grup WhatsApp berisi ibu-ibu pengajian. Hadfana memang dikenal sebagai semacam ustaz di lingkungannya. Dia juga menyampaikan pesannya dalam video tersebut sembari membuang sesajen.

"Dia menyebarkan mengupload ke grup pada kajian ini adalah untuk tujuannya untuk edukasi. Namanya, kajian untuk ibu ibu. Bahwa semacam ini, menurut keterangan dia (HF) tidak dibenarkan. Tidak dibenarkan secara agama-lah, sesuai dengan apa yang diketahui oleh HF," tutur Habib.

Baca Juga: Penendang Sesajen di Semeru Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

3. Hadfana kaget video viral di media sosial

Jadi Viral, Video Tendang Sesajen Awalnya Cuma untuk Pengajian Ibu-ibuPelaku HF penendang Sesajen di Gunung Semeru. (dok. Screenshot video viral)

Namun, video itu kemudian menjadi viral di berbagai media sosial. Hadfana sendiri kaget dengan menyebarnya video yang mulanya ditujukan untuk edukasi grup pengajian ibu-ibu tersebut. Hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui siapa yang pertama kali menyebarkannya.

"Sehingga dia merasa kaget. Siapa yang menyebarkan video ini di media media seperti Twitter, TikTok, dan sebagainya. Cuma dia kaget, siapa yang menyebarkan video ini," ungkapnya.

Setelah videonya viral dan menuai banyak kecaman, Hadfana disebut merasa menyesal. Ia pun minta polisi bisa mengusut siapa penyebar video itu hingga membuat keresahan di masyarakat.

"Dia juga sudah, ia merasa 'saya enggak pas melakukan tindakan seperti itu'. Saya minta kepada Polda, untuk mengusut juga siapa yang menyebarkan pertama kali video ini juga untuk di publik, bukan di grup," pungkasnya.

Baca Juga: Pengacara Penendang Sesajen Nilai Penangkapan Polisi Berlebihan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya