Ingin Sumbang Korban Gempa? Warga Surabaya Bisa ke Balai Kota

Pemkot masih bingung cara ngirimnya

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya turut prihatin atas bencana gempa bumi dan Tsunami yang menerjang Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Melalui Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas, mereka membuka posko peduli korban gempa dan tsunami.

1. Warga dapat memberikan bantuan secara langsung

Ingin Sumbang Korban Gempa? Warga Surabaya Bisa ke Balai KotaANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Posko yang terletak di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya ini sudah dapat diakses warga Surabaya mulai Senin (1/10). Warga dapat memberikan bantuannya secara langsung pada posko ini yang nantinya akan disalurkan kepada korban bencana di Palu. "Terutama bahan makanan seperti beras, mie instan, atau biskuit. Itu yang perlu saat ini," ujar Kabag Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser saat dihubungi IDN Times, Selasa (2/10).

2. Pemkot masih fokus menerima bantuan

Ingin Sumbang Korban Gempa? Warga Surabaya Bisa ke Balai KotaANTARA FOTO

Untuk saat ini, Pemkot Surabaya masih akan menerima bantuan dari masyarakat dan menyiapkan bantuan lainnya berupa genset, beras, mie instan, dan biskuit. Fikser mengaku hingga saat ini Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini belum memberikan instruksi terkait bantuan tenaga medis atau pun pembangunan sekolah. "Instruksi dari Bu Wali sampai saat ini masih pembangunan posko bencana dan pengiriman bantuan. Belum ada instruksi lanjutan seperti pembangunan sekolah atau yang lain," ujarnya.

Seperti yang diketahui, saat ini Risma masih berada di Kenya untuk menerima penghargaan Scroll of Honour Award. Instruksi lanjutan akan diberikan Risma setibanya di tanah air pada malam ini.

3. Masih cari cara pengiriman

Ingin Sumbang Korban Gempa? Warga Surabaya Bisa ke Balai KotaANTARA FOTO/Basri Marzuki

Sementara itu, Fikser mengaku pihaknya masih memikirkan cara untuk mengirim bantuan-bantuan ini. Pasalnya, Pemkot Surabaya belum menemukan akses yang tepat untuk mengirimkan bantuan dengan jumlah yang cukup besar dan berat. "Kami masih berkoordinasi, mencari cara bagaimana cara mengirimnya ini. Karena kan kalau dari darat sudah gak bisa. Jadi kita masih cari cara," pungkasnya.

Baca Juga: Tangani Gempa Palu, Prabowo Siap Bantu Pemerintahan Jokowi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya