Elit Gerindra-PKB Bertemu di Muktamar NU, Sadad: Peluang Koalisi 2024

Yang penting Gerindra ingin Prabowo jadi Capres

Surabaya, IDN Times - Pertemuan pimpinan Partai Gerindra dan PKB di Muktamar NU disebut-sebut sebagai pembukaan peluang koalisi Pemilihan Presiden 2024. DPD Partai Gerindra Jatim tak menampik hal tersebut. Namun, satu syarat koalisi mereka adalah calon presidennya harus Prabowo Subianto.

1. Elite Gerindra dan PKB bertemu di Muktamar NU

Elit Gerindra-PKB Bertemu di Muktamar NU, Sadad: Peluang Koalisi 2024Sekjen Gerindra Ahmad Muzani memberikan keterangan ke awak media saat di lokasi Muktamar NU ke 34 di Lampung. Dok. Istimewa.

Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad menuturkan bahwa, saat ia mendampingi Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Muktamar NU, mereka memang bertemu dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Pertemuan ini pun disebut sebagai awal terbukanya peluang koalisi. Namun, pembahasan lebih lanjut mengenai koalisi ini diserahkan ke DPP.

"Peluang koalisi itu kan nanti DPP ya. Tetapi kita (Gerindra Jatim) solid ya, gak ada nama lain untuk Capres, hanya Pak Prabowo Subianto," ujar Sadad, Jumat (24/12/2021).

Baca Juga: Gerindra: Prabowo Berkomitmen Teruskan Pembangunan Era Jokowi

2. Gerindra dan PKB di Jatim juga akur

Elit Gerindra-PKB Bertemu di Muktamar NU, Sadad: Peluang Koalisi 2024Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (dua dari kiri) di Muktamar NU ke 34, Lampung saat bertemu Ketum PKB Muhaimin Iskandar (dua dari kanan). Dok. Istimewa.

Sadad melanjutkan, hubungan baik antara Gerindra dan PKB juga terjalin di Jatim. Komunikasinya bersama pimpinan PKB Jatim berjalan lancar. Ia pun tak menutup kemungkinan adanya koalisi di antara keduanya.

"Semua keputusan di DPP. Pertemuan elite sebenarnya juga terjadi tidak sengaja. Untuk komunikasi dengan PKB sendiri kalau di Jatim oke, saya dan petinggi PKB Jatim punya komunikasi baik, dan tidak menutup kemungkinan itu (koalisi)," tuturnya.

3. Pertemuan elite Gerindra dan PKB di Muktamar NU bahas Pilpres 2024

Elit Gerindra-PKB Bertemu di Muktamar NU, Sadad: Peluang Koalisi 2024Sekjen Gerindra Ahmad Muzani memberikan keterangan ke awak media saat di lokasi Muktamar NU ke 34 di Lampung. Dok. Istimewa.

Sebelumnya, Muzani tak mengelak bahwa pertemuannya dengan Cak Imin di Muktamar juga membahas mengenai Pilpres 2024. Bahkan, Muzani membeberkan beberapa persamaan yang dimiliki oleh Gerindra dan PKB.

"Gerindra dan PKB sama-sama partai yang memiliki orientasi untuk kemajuan rakyat bangsa dan umat. Kita sama-sama memiliki ketajaman bagaimana perjuangan terhadap rakyat, orang kecil terus diasah, dan kita sama-sama memiliki orientasi-orientasi kebangsaan," ungkapnya.

Muzani juga sudah mengungkapkan keinginan pihaknya kepada PKB untuk mengusung Prabowo sebagai Capres 2024.

"Ya tadi dikit-dikit kita sudah mulai bicara tentang, Pak Muhaimin bertanya kepada kami tentang apakah Pak Prabowo maju (Pilpres 2024), kami jawab Pak Prabowo insyaallah maju. Kami juga bertanya kepada Pak Muhaimin apakah bapak maju 2024? Pak Muhaimin juga mengatakan, ya insyaallah juga," tambahnya.

Baca Juga: Ahmad Muzani Yakinkan Gerindra Hanya Dukung Prabowo Jadi Capres 2024

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya