Diresmikan Jokowi 6 Mei, Eri Pastikan PSEL Benowo Siap Beroperasi

Jadi pembangkit listrik tenaga sampah pertama di Indonesia

Surabaya, IDN Times - Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo di Kota Surabaya akan segera diresmikan oleh Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo. Untuk memastikan kesiapannya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau langsung PSEL yang terletak di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo ini.

1. Eri tinjau kesiapan PSEL Benowo

Diresmikan Jokowi 6 Mei, Eri Pastikan PSEL Benowo Siap BeroperasiWali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau kesiapan PSEL Benowo, Senin (3/5/2021). Dok Humas Pemkot Surabaya

Setibanya di PSEL Benowo, Eri langsung menuju central control room sebagai pusat kontrol mesin pengolahan sampah jadi listrik itu. Dalam ruangan tersebut, Eri melihat sejumlah cat dinding yang sudah pudar atau kotor untuk diperbaharui kembali.

"Jadi, kali ini saya cek kesiapannya, karena Insyallah tanggal 6 Mei 2021 akan diresmikan oleh Pak Presiden sebagai pengolahan sampah pertama dengan kapasitas listrik terbesar di Indonesia,” ujar Eri, Senin (3/5/2021).

2. Pastikan PSEL Benowo siap

Diresmikan Jokowi 6 Mei, Eri Pastikan PSEL Benowo Siap BeroperasiWali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau kesiapan PSEL Benowo, Senin (3/5/2021). Dok Humas Pemkot Surabaya

Setelah berkeliling, Eri memastikan segala mesin berjalan dan berfungsi dengan normal. Dengan demikian, ia menyimpulkan bahwa PSEL itu bisa segera diresmikan oleh Jokowi sebagai PSEL pertama di Indonesia.

“Semuanya sudah berjalan dengan baik. Tadi boilernya dan turbinnya berjalan dengan baik. Alhamdulillah sudah berjalan seperti biasa, tadi saya juga ngecek tempat pemilihannya seperti apa, jangan sampai ada yang kurang, tapi alhamdulillah sesuai dengan apa yang ada di kontrak, sehingga ini tinggal persiapan diresmikan oleh Pak Presiden,” tuturnya.

3. PSEL bisa menghasilkan listrik 11 Megawatt

Diresmikan Jokowi 6 Mei, Eri Pastikan PSEL Benowo Siap BeroperasiPSEL Benowo, Senin (3/5/2021). Dok Humas Pemkot Surabaya

Eri mengatakan, pengolahan sampah menjadi listrik itu sudah berjalan dengan baik selama masa percobaan. Bahkan, saat ini sudah bisa menghasilkan listrik 11 megawatt dari pengolahan 1000 ton perhari.

“Jadi, di dalam kontrak itu 1000 ton perhari harus bisa diolah menjadi listrik, tentu ini sangat bermanfaat bagi warga,” tuturnya.

Setelah dari PSEL Benowo, rombongan Wali Kota Eri Cahyadi bersama Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati serta Plt Kepala DKRTH meninjau pembangunan jalan, dimulai dari jalan yang tembus antara PSEL Benowo ke kawasan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), lalu ke arah timur yang tembus simpang 4 Fly Over Pelindo dan juga ke utara ke Simpang Romokalisari.

“Karena ini proyek kementerian, saya cek juga. Nanti akan saya sampaikan ke Presiden progresnya, karena untuk menuju GBT ini ada beberapa pintu masuk, jadi akses jalannya sudah banyak, karena ini juga untuk persiapan Piala Dunia U-21. Insyallah Bulan Juni tahun ini akan segera rampung semuanya.”

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya