Corona Masuk Indonesia, Risma Doa Bersama agar Surabaya Aman

Ia minta warganya banyak konsumsi rempah

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya menggelar doa bersama 5 agama agar Kota Surabaya terhindar virus corona. Dalam sambutannya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta seluruh jajarannya untuk menjaga kebersihan agar tidak tertular virus corona.

1. Risma dan jajaran berdoa agar terhindar dari virus corona

Corona Masuk Indonesia, Risma Doa Bersama agar Surabaya AmanWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meresmikan jogging track KBS, Minggu (23/2). (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, penyebaran virus corona memang luar biasa. Bahkan saat ini, dua orang di Depok sudah positif terinfeksi virus corona alias covid-19 itu. Untuk itu, Risma meminta staff dan warganya untuk berdoa demi keselamatan bersama.

"Mari kita berdoa semoga selalu diberi kesehatan dimana pun kita berada,” tutur Risma, Senin (2/3).

2. Minta agar disediakan hand sanitizer di banyak tempat

Corona Masuk Indonesia, Risma Doa Bersama agar Surabaya AmanIDN Times/Sukma Shakti

Risma pun memerintahkan di seluruh kantor Pemerintah Kota Surabaya agar disediakan pembersih tangan atau hand sanitizer sehingga ketika kontak dengan masyarakat, tangan staf Pemkot Surabaya dalam keadaan bersih. Ia juga mengimbau agar masyarakat menyediakan hand sanitizer di rumahnya masing-masing.

"Agar tetap steril dan higienis. Terutama sebelum dan setelah beraktivitas. Tolong itu dilakukan. Supaya tidak ada virus, dan kuman yang nyangkut," ungkapnya.

3. Meminta agar banyak konsumsi rempah

Corona Masuk Indonesia, Risma Doa Bersama agar Surabaya AmanIlustrasi virus Corona. IDN Times/Sukma Shakti

Risma juga meminta agar masyarakatnya rajin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung curcuma seperti jahe, temulawak, dan kunyit. Hal ini berkaitan dengan pernyataan Ketua Tim Riset CoV-Formulasi Vaksin PNF, Chaerul Anwar Nidom dari Universitas Airlangga.

"Jadi ayo kita gunakan itu.Tidak mahal juga. Meskipun kita tidak tahu itu betul atau tidak tapi yang paling penting adalah kita sudah berusaha. Jadi sudah berapa bulan ini saya minum itu. Kalau mau saya buatkan di kediaman ada banyak," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Dua Orang Positif Terjangkit Virus Corona di Indonesia

4. Mencontohkan India dan Turki

Corona Masuk Indonesia, Risma Doa Bersama agar Surabaya AmanIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia menambahkan bahwa ada tujuh orang India di Kota Wuhan, China sampai hari ini mereka selamat dan tidak terjangkit virus. Ia menganggap bahwa hal ini berkaitan dengan rutinnya mengonsumsi rempah-rempah.

“Orang India adalah konsumen dari rempah-rempah. Saya juga masih cek di Negara Turki seperti apa karena Turki pengguna rempah-rempah juga,” pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi: Anggaran untuk Atasi Virus Corona Diprioritaskan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya