Cegah Corona, Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo Surabaya Ditutup

Catat jadwal penutupannya

Surabaya, IDN Times - Dua jalan utama Kota Surabaya yaitu Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan akan ditutup untuk sementara waktu sejak Jumat (27/3) hingga Minggu (29/3). Penutupan ini bertujuan untuk mengurai kepadatan masyarakat demi mencegah penularan virus corona di Kota Surabaya.

1. Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan Surabaya akan ditutup

Cegah Corona, Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo Surabaya DitutupKasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra. IDN Times/Fitria Madia

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra menjelaskan, penutupan Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan dijadwalkan dalam tiga hari mulai 27-29 Maret. Untuk Jumat (27/3), penutupan dilakukan pada pukul 19.00-23.00 WIB. Pada Sabtu (28/3), penutupan dilakukan selama dua kali yaitu pukul 19.00-23.00 WIB dan 10.00-14.00 WIB. Sementara Minggu (29/3), dua jalan tersebut akan ditutup pukul 10.00-14.00 WIB.

"Kalau Darmo itu dari Al Falah sampai ke Polisi Istimewa. Kalau Tunjungan dari Siola sampai ke Simpang Dukuh," ujar Teddy saat dihubungi IDN Times, Jumat pagi (27/7).

2. Untuk menegakkan physical distancing

Cegah Corona, Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo Surabaya DitutupIDN Times/Arief Rahmat

Teddy menyampaikan bahwa keputusan penutupan Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan tersebut merupakan hasil koordinasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan Polrestabes Surabaya. Mereka ingin membatasi gerak warga Surabaya di luar rumah agar bisa mencegah penyebaran virus corona. Mengingat, dua jalan tersebut cukup ramai di jam-jam tertentu.

"Semuanya bersifat situasional. Malah sekarang bukan social distancing lagi, tapi WHO kan menyampaikan sudah physical distancing," terangnya.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Kejari Surabaya Mulai Terapkan Delivery Tilang

3. Rekayasa lalu lintas sama seperti CFD

Cegah Corona, Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo Surabaya DitutupTaman Bungkul. IDN Times/Fitria Madia

Untuk penutupan jalan ini, Teddy mengatakan tidak ada rekayasa lalu lintas khusus. Rekayasa yang diterapkan sama seperti saat program Car Free Day (CFD) yang dulu dilaksanakan tiap Minggu pagi di Kota Surabaya.

"Itu dua ruas yang biasa dipakai car free day. Jadi masyarakat sebenarnya gak perlu kaget lagi, karena itu pola rekayasa lalinnya masyarakat sudah paham itu saya rasa," tuturnya.

4. Belum tahu sampai kapan penutupan diberlakukan

Cegah Corona, Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo Surabaya DitutupIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Hingga saat ini, Teddy belum bisa memastikan apakah keputusan penutupan jalan akan berlaku hingga hari Minggu (29/3) saja atau akan dilanjutkan pada hari-hari berikutnya. Nantinya ia akan melakukan evaluasi dari hasil penutupan dua jalan tersebut.

"Belum tahu. Situasional semua. Nanti ada pemberitahuan lebih lanjut," sebut alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 2002 tersebut.

Baca Juga: Cerita Kepala KKP Surabaya yang Sempat Positif Virus Corona dan Sembuh

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya