[BREAKING] Gunung Semeru Erupsi, Keluar Awan Panas dan Hujan Abu

Warga sudah diminta waspada

Surabaya, IDN Times - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali mengalami erupsi, Sabtu (16/1/2021). Hingga saat ini diketahui telah terjadi awan panas guguran yang hujan abu vulkanik.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati. Berdasarkan siaran pers BNPB, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar. Sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin.

Selain itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq juga membenarkan adanya letusan awan panas dari Gunung Semeru.

"Gunung semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas," jelas Thoriqul.

Raditya pun meminta masyarakat di sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan dan sekitarnya agar waspada dalam menghadapi potensi bencana yang dapat ditimbulkan. Khususnya masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan agar tetap waspada dalam menghadapi adanya intensitas curah hujan tinggi yang dapat memicu banjir lahar dingin.

"Hingga siaran pers ini diturunkan, tim gabungan lintas Kementerian/Lembaga masih dalam proses pengembangan informasi dan belum ada keterangan adanya korban jiwa atas peristiwa tersebut," pungkas Raditya.

Baca Juga: [BREAKING] Gunung Semeru Erupsi, Warga Mengungsi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya