Comscore Tracker

Besok 65 Warga Jatim Pulang dari Natuna, Khofifah: Semua Sehat

Mari sambut kepulangan saudara-saudara kita~

Surabaya, IDN Times - Pemerintah akan memulangkan 238 WNI yang diobservasi di Natuna, besok Sabtu (14/2). Mereka akan segera pulang ke tempat tinggalnya masing-masing.

Terkait dengan rencana kepulangan tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap agar seluruh warganya tidak takut dan tidak panik berlebihan. Dia menegaskan, seluruh warga Jawa Timur yang diobsrevasi di Natuna itu dalam kondisi sehat.

1. Khofifah harap masyarakat Jatim jangan khawatir

Besok 65 Warga Jatim Pulang dari Natuna, Khofifah: Semua SehatGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. IDN TImes/Fitria Madia

Khofifah menyebut, ada 65 WNI asal Jatim yang dipulangkan dari Wuhan. Ia menekankan bahwa mereka telah menjalani observasi secara mendalam oleh Kementerian Kesehatan dan dinyatakan sehat. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat menerima mereka dengan baik.

"Kementerian Kesehatan sudah melakukan observasi selama 14 hari dan tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan gejala terinfeksi virus Corona. Mereka mengantongi surat keterangan sehat dari Kemenkes, jadi tidak perlu hawatir," ujarnya melalui siaran pers Pemprov Jatim, Jumat (14/2).

2. Pemprov terus koordinasi dengan Kemenkes

Besok 65 Warga Jatim Pulang dari Natuna, Khofifah: Semua SehatGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Khofifah juga terus berkoordinasi dengan Kemenkes untuk memastikan pemulangan warga Jatim tersebut berlangsung lancar. Ia lagi-lagi memastikan seluruh warganya dalam keadaan sehat hingga kembali ke kediaman masing-masing.

"Kami akan kawal betul proses pemulangannya. Memastikan ke 65 orang tersebut bisa kembali sehat dan kembali berkumpul dengan keluarganya. Kepulangan mereka sudah ditunggu-tunggu keluarga," imbuhnya.

Baca Juga: Unesa Siapkan Trauma Healing bagi Mahasiswa yang Diobservasi di Natuna

3. Tetap waspada jika ada gejala

Besok 65 Warga Jatim Pulang dari Natuna, Khofifah: Semua Sehat(IDN Times/Arief Rahmat)

Meski diimbau tidak usah khawatir berlebihan, Khofifah tetap meminta masyarakat waspada akan gejala infeksi virus Corona. Ia menegaskan agar masyarakat segera memeriksakan diri ke rumah sakit jika timbul gejala-gejala infeksi virus corona.

"Kalau ada anggota keluarga yang panas tinggi, batuk, serta sesak nafas, agar segera melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit terdekat dan melaporkan ke Dinas Kesehatan Kab/Kota setempat. Pemprov Jatim menyiapkan tiga rumah sakit untuk memberikan layanan terkait ini yaitu RS. dr. Soetomo Surabaya, RS. Dr. Syaiful Anwar Malang dan RS. dr. Soedono Madiun," paparnya.

4. Data 65 warga Jatim yang diobservasi di Natuna

Besok 65 Warga Jatim Pulang dari Natuna, Khofifah: Semua SehatRatusan WNI tengah diobservasi di Pulau Natuna. Twitter.com/KemenkesRI

Sebagai informasi, warga Jatim merupakan mayoritas WNI yang dikarantina di Pulau Natuna. Yaitu sebanyak 65 dari 235 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah dengan rincian Sidoarjo 3 orang, Surabaya 34 orang, Tuban 1 orang, Banyuwangi 1 orang, Bojonegoro 1 orang, Bondowoso 1 orang, Gresik 1 orang, Jember 1 orang, Kediri 4 orang, Lamongan 2 orang, Lumajang 4 orang, Malang 7 orang, Pamekasan 1 orang, Ponorogo 1 orang, dan Probolinggo 3 orang.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran terkait. Termasuk dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri. Alhmadulillah, hingga saat ini belum ada ditemukan pasien yang terdeteksi terjangkit virus Corona," pungkasnya.

Baca Juga: Data WNI yang Diobservasi di Natuna, Paling Banyak dari Jawa Timur

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya