Bed Isolasi Masih Kosong Separuh, Khofifah Sebut Jatim Aman

Jatim masih sanggup tangani pasien COVID-19

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lantaran kasus penambahan COVID-19 yang terus meningkat sementara ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 semakin menipis. Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjamin bahwa tingkat okupansi tempat tidur pasien COVID-19 di Jatim masih dalam batas normal dan siap menangani pasien dengan baik.

1. Lebih dari setengah kapasitas bed isolasi tersisa di Jatim

Bed Isolasi Masih Kosong Separuh, Khofifah Sebut Jatim AmanGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan konferensi pers, Selasa, (7/7/2020). Dokumentasi Humas Pemprov

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan bahwa saat ini di Jatim kapasitas bed isolasi mencapai 6.611 bed dengan 3.221 bed yang terisi. Dengan demikian Bed Occupancy Ratio di Jatim adalah sebesar 49 persen. Jumlah ini begitu baik mengingat beberapa bulan lalu rumah sakit di Jatim utamanya di Surabaya Raya selalu mengalami overload.

“Alhamdulillah, saat ini bed isolasi di Jawa Timur relatif cukup. Bed Occupancy Rate -nya saat ini 49 persen, artinya prosentase ini ideal dan sesuai dengan standar Bed Occupancy Ratio menurut WHO, yakni dibawah 60 persen," ujarnya, Sabtu (12/9/2020).

2. Jumlah bed isolasi di Jatim tertinggi di Jawa

Bed Isolasi Masih Kosong Separuh, Khofifah Sebut Jatim AmanIlustrasi suasana Ruang Isolasi Khusus RSUD dr Soetomo. (IDN Times/Fitrja Madia)

Jumlah kapasitas tempat tidur isolasi pasien COVID-19 di Jatim pun diklaim menjadi yang tertinggi dibanding provinsi lainnya. Misalnya, Jawa Barat saat ini terdapat 4.477 tempat tidur dengan 1.724 bed yang terisi, DKI Jakarta sebanyak 4.417 bed dengan 3.776 bed yang terisi, dan Jawa Tengah 3.664 bed dengan 2.110 bed yang terisi.

“Ini semua, buah dari ikhtiar Pemprov Jatim bersama Pemkab/Pemko untuk meningkatkan jumlah bed isolasi. Dari Maret 525 bed, sekarang naik 12 kali lipat menjadi 6.611 bed,” ungkapnya.

Baca Juga: Kasus Melonjak, Okupansi Bed Pasien COVID-19 di Bali Hampir 100 Persen

3. Tingkat kapasitas ICU juga tinggi

Bed Isolasi Masih Kosong Separuh, Khofifah Sebut Jatim AmanGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan Stadion Joko Samudro Gresik jadi Pondok Rehabilitasi. (Humas Pemprov Jatim).

Selain bed isolasi, kapasitas ICU isolasi Jatim juga tergolong tinggi. Saat ini ruang ICU isolasi di Jatim mencapai 860 bed dengan keterisian 72 bed. Angka ini lebih tinggi dari Jawa Tengah yakni 738 dengan keterisian 30 bed, Jawa Barat dengan 721 bed dengan keterisian 30 bed dan DKI Jakarta dengan 574 bed dengan keterisian 250 bed.

“Di RSUD Soetomo, pasien COVID-19 yang dirawat juga menurun. Bulan Mei mencapai 223 orang dan memuncak menjadi 622 orang di Bulan Juni. Lalu di bulan Juli turun menjadi 486 orang dan 379 di bulan Agustus," pungkasnya.

Baca Juga: Banyuwangi Realokasi Rp21 Miliar, untuk Bed Isolasi Hingga Rapid Test

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya