122 Pelanggar Batas Kecepatan 40 km/jam Terekam E-TLE

Jangan kebut-kebutan lagi ya, gaes!

Surabaya, IDN Times - Para pengendara kendaaran bermotor wajib memperhatikan kecepatan mereka di Kota Surabaya. Pasalnya, batas kecepatan maksimal 40 km/jam telah diterapkan dan masuk dalam kategori pelanggaran yang bisa ditindak dengan E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

1. Ada 122 pelanggar batas kecepatan dalam 5 hari

122 Pelanggar Batas Kecepatan 40 km/jam Terekam E-TLEKasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra. IDN Times/Fitria Madia

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra menyebutkan, dalam 5 hari pengoperasionalan E-TLE, telah ada 122 kasus pelanggaran batas kecepatan. Seluruh perkara itu pun sudah ditindaklanjuti dengan pengiriman surat tilang ke rumah pelanggar.

"Pelanggaran batas kecepatan 122. Itu dari seluruh wilayah di Surabaya," jelas Teddy saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (20/1).

2. Pelanggaran batas kecepatan bisa ditilang dengan E-TLE

122 Pelanggar Batas Kecepatan 40 km/jam Terekam E-TLEIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Selama ini, batas kecepatan memang kurang diperhatikan oleh masyarakat. Padahal sudah ada speed cam yang disosialisasikan sejak jauh-jauh hari. Kini dengan adanya E-TLE, penindakan pelanggaran batas kecepatan jadi lebih mudah.

"Karena ini kan berkaitan dengan kemanan pengendara ya. Baik pengendara itu sendiri, pengendara lain, dan pejalan kaki. Karena banyak kecelakaan diakibatkan kecepatan tinggi," imbuh Teddy.

3. Kecepatan maksimal 40 km/jam dirasa sesuai di Kota Surabaya

122 Pelanggar Batas Kecepatan 40 km/jam Terekam E-TLEIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Teddy menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 79 tahun 2013 pasal 23 ayat (4) batas kecepatan di wilayah perkotaan atau lalu lintas dalam kota yaitu maksimal 50 km/jam. Namun di Surabaya, pihak kepolisian dan Pemerintah Kota Surabaya menyepakati batas maksimal 40 km/jam.

"Paling tinggi kan 50 km/jam, tapi berdasarkan kajian daerah masing-masing bisa ditentukan asal tidak lebih dari itu. Di Surabaya dipilihlah 40 km/jam mengingat kondisi yang padat dan banyaknya pejalan kaki," paparnya.

4. Sudah terpasang di penjuru Kota Surabaya

122 Pelanggar Batas Kecepatan 40 km/jam Terekam E-TLESalah seorang petugas RTMC Polda Jatim tampak mengamati situasi lalu lintas Surabaya melalui monitor yang terhubung dengan CCTV, Selasa (7/1). IDN Times/Ardianysah Fajar

Speed cam ini pun sudah banyak terpasang di penjuru Kota Surabaya, salah satunya di frontage road Jalan Ahmad Yani yang kerap kali dilanggar oleh para pengendara. Teddy mengimbau pengendara agar selalu menjaga batas kecepatan karena E-TLE kini ada di mana-mana.

"Semua terpasang. Selalu berhati-hati dalam berkendara, ya. Stop pelanggaran, stop kecelakaan," pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya