Paskah Bareng Ramadan, Romo Agustinus Sebut Berkah Kebhinnekaan

Perayaan spesial Paskah tahun ini

Surabaya, IDN Times - Gereja Katolik Sakramen Mahakudus yang terletak di Jalan Pagesangan Baru, Surabaya, dipadati ribuan umat Katolik yang memperingati Hari paskah dan Kamis Putih, Kamis (28/3/2024). Ribuan umat Katolik sudah memadati gereja sejak pukul 17.30. Misa Kamis Putih, selalu diselenggarakan pada hari Kamis sebelum perayaan Jumat Agung dan Minggu Paskah, yang merupakan bagian dari rangkaian Tri Hari Suci.

Romo Agustinus Tri Budi Utomo selaku Pastor Kepala Paroki Gereja Katolik Sakramen Mahakudus mengatakan, bahwa tiga hari upaya menyambut Paskah ini merupakan puncak peribadatan umat Katolik.    

"Ada dua peristiwa penting pada hari ini, yang dilambangkan dengan mencuci kaki 12 murid Yesus dan ekaristi." Ungkap Romo Agustinus Tri Budi Utomo saat ditemui IDN Times Jatim, Kamis (28/3/2024).

Agustinus menyebut, paskah tahun ini sangat istimewa karena bersamaan dengan bulan suci Ramadan. "Meskipun penghayatannya beda-beda, itulah bentuk sebuah kebinekaan dan kebersamaan" imbuhnya.

Rangkaian menyambut Paskah dimulai dari hari Kamis yaitu Kamis Putih, dilanjut dengan ibadat mengenang kematian atau jalan salib. Pada pukul 15.00 WIB akan dilaksanakan penghormatan salib yang akan dibacakan kisah sengsara hingga wafat Yesus. Malam minggu, adalah puncak Malam Paskah atau disebut Malam Cahaya. 

"Sebenarnya tiap tahun sama, hanya tema pendalaman saja yang berbeda. Kalau tahun lalu, keluarga sebagai gereja. Kalau tahun ini, menghidupi lingkungan gereja sifatnya empat, Kudus, Katolik, dan Apostolik" jelas Romo Agustinus Tri Budi Utomo.

Di akhir, Agustinus Tri Budi Utomo menyatakan harapan seluruh gereja jawa timur, ingin memiliki Uskup baru. "Uskup kita sedang kosong, karena baru saja meninggal. Kita tidak bisa memilih, yang bisa memilih hanya Paus."

Baca Juga: Paskah, Gereja Hati Kudus Yesus Surabaya Usung Tema Universal 

Faradiba Divani Photo Community Writer Faradiba Divani

hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya