Mengikuti Qiyamul Lail di Masjid Al Akbar Surabaya 

Selalu menghadirkan konsep yang berbeda

Surabaya, IDN Times - Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dipadati oleh para jemaah yang mengikuti Qiyamul Lail pada malam ke 23 Ramadan, Rabu (3/4/2024) dini hari.

Ribuan jemaah telah hadir memadati Masjid Al Akbar Surabaya sejak Salat Tarawih dan berlanjut hingga waktu makan sahur dilanjut jamaah salat subuh.

Helmy M Noor selaku Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya mengatakan, Qiyamul Lail pada malam ke 23 lebih ramai dari malam sebelumnya. 

“Malam ini diperkirakan ada 15 ribu jemaah yang mengikuti qiyamul lail,” ucapnya.

Ia juga menuturkan, 10 hari terakhir Ramadan tahun ini lebih ramai daripada Ramadan tahun kemarin.

“Ramadan kali ini, apalagi di 10 hari terakhir sangat ramai ketimbang tahun lalu. Tahun ini juga sangat didominasi oleh anak-anak muda,” katanya.

Qiyamul Lail tahun ini, lanjutnya, Masjid Nasional Al Akbar memberikan tema yang berbeda dengan memamerkan Al-Qur'an berukuran besar di pintu masuk utama masjid.

“Ya, itu wakaf dari orang untuk dipajang di masjid. Kita pamerkan di qiyamul lail untuk menarik minat masyarakat juga,” ujarnya.

Selain untuk menarik minat masyarakat, Alquran itu menggambarkan agar anak-anak muda semakin rajin beribadah dan membaca Alquran.

“Buat motivasi saja, orang dulu menulis Alquran berukuran segitu besarnya pakai tangan bisa, masa anak sekarang tinggal baca dan belajar masih malas-malasan,” paparnya.

Reza, salah satu jemaah yang mengikuti qiyamul lail di Masjid Nasional Al Akbar  mengatakan, jika di Masjid Al Akbar selalu menyiapkan tema berbeda di setiap bulan Ramadan.

“Suasananya sangat nyaman dan konsepnya selalu bisa menarik masyarakat untuk mengikuti salat malam disini,” katanya.

Reza juga menjelaskan jika qiyamul lail di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya sangat nyaman dan cocok untuk salat malam sehingga seluruh kalangan tidak perlu khawatir untuk mengikuti qiyamul lail di Masjid Al Akbar.

“Penataannya sangat bagus, tidak bikin sumpek juga. Yang terpenting salat malam disini tidak lama dan tidak cepat juga, jadi bisa merasakan keberkahan qiyamul lail,” ujarnya.

Baca Juga: Qiyamul Lail di Masjid Al Akbar Surabaya, Simak Panduan Lokasinya

Faradiba Divani Photo Community Writer Faradiba Divani

hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya