KBS Rayakan Ulang Tahun Perdana Dua Anak Singa Asli Surabaya

KBS kini punya 6 ekor singa

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) merayakan ulang tahun perdana dua anak singa bernama Dona dan Bima. Mereka merupakan dua anak singa hasil breeding alias pengembangbiakan KBS dari induk bernama Ipin dan Seruni. Para pengunjung ikut berpartisipasi dalam ulang tahun pertama dua anak singa itu.

Direktur Utama KBS, Khoirul Anwar mengatakan, Bima dan Dona merupakan koleksi satwa yang paling ditunggu-tunggu.

"Dengan kelahirannya Bima dan Dona pada 2023 kemarin, merupakan darah segar (fresh blood) yang melegakan untuk KBS,” ucapnya saat ditemui media di Kebun Binatang Surabaya, Sabtu (20/4/2024).

1. Bima dan Dona "Arek Suroboyo" asli

KBS Rayakan Ulang Tahun Perdana Dua Anak Singa Asli SurabayaPotret zookeeper KBS saat memberi edukasi tentang singa (IDN Times/Faeadiba Divani)

Anwar mengatakan, Bima dan Dona cukup spesial karena mereka lahir di Surabaya. Selain itu, dua anak singa ini juga sangat aktif sejak mereka lahir. “Saya ingat dulu waktu dua bulan, Bima dan Dona gerakannya sudah terlihat bahwa mereka akan menjadi satwa yang sehat dan aktif,” katanya.

Dalam rangka merayakan ulang tahun Bima dan Dona, lanjutnya, dua anak singa ini diberikan treatment khusus untuk membuat mereka menjadi lebih senang. “Untuk kejutannya, mereka kita berikan daging segar dengan komposisi yang lebih banyak” tuturnya.

2. KBS punya 6 ekor singa

KBS Rayakan Ulang Tahun Perdana Dua Anak Singa Asli Surabayapotret Kebun Binatang Surabaya (KBS) (instagram.com/kebunbinatangsurabaya)

Saat ini, KBS memiliki tiga ekor singa jantan dan tiga ekor singa betina, imbuh Khoirul Anwar. Dengan kemajuan perkembangan yang cepat dari Bima dan Dona, Khoirul Anwar berharap, Ipin dan Seruni sebagai induknya, dapat berkembang biak lebih cepat lagi.

“Sekarang induknya sudah mulai (berkembang biak) lagi, semoga bisa tambah sebanyak mungkin,” tandasnya.

3. Bima dan Dona terkenal manja

KBS Rayakan Ulang Tahun Perdana Dua Anak Singa Asli SurabayaBima dan Dona, singa di Kebun Binatang Surabaya. IDN Times/Faradiba

Khoirul Anwar mengatakan, Bima dan Dona memiliki sifat dan perilaku yang berbeda dengan singa yang ada di KBS. "Bima dan Dona ini tipenya manja, jadi pekerjaan tambahan untuk para keeper bisa kembali memunculkan sifat wild-nya itu sendiri,” jelasnya.

Pendekatan secara langsung tetap dilakukan oleh keeper karena dua anak singa ini masih kecil, lanjutnya, mereka juga tetap dilepaskan dikandang keluarga agar tetap ada jiwa buas dan liar.“Mereka juga kita beri beberapa treatment biar biasa bertingkah laku secara alami,” tuturnya.

Menurut Khoirul Anwar, pihaknya secepat mungkin akan memisah Bima dan Dona. Pasalnya mereka sebentar lagi akan memasuki masa birahi.

"Kita tetap akan pisahkan mereka agar tidak kawin sedarah nantinya,” ujarnya.  Selain itu, KBS akan mendatangkan beberapa hewan baru untuk meramaikan KBS. "Salah satunya nanti ada singa putih dan kucing afrika," jelasnya.

Baca Juga: 16 Ribu Wisatawan ke KBS pada Akhir Pekan Libur Lebaran

Faradiba Divani Photo Community Writer Faradiba Divani

hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya