Gempa Tuban Magnitudo 6,5, Simak Analisis Pakar ITS

Guncangan gempa hari ini

Surabaya, IDN Times - Badan Geologi menyatakan, gempa berkekuatan magnitudo 6,5, telah mengguncang kawasan perairan Jawa (Tuban) sekitar pukul 15.52 WIB, Jumat (22/3/2024). Geologi Indonesia menunjukkan bahwa ada tiga lempeng tektonik yang bergerak dan menekan Indonesia sejak jutaan tahun yang lalu.

Pakar ITS Dr Ir Amien Widodo MSi menyebut, gempa ini dipicu oleh Sesar Bawean. Gempa Tuban merupakan gempa sesar aktif yang jarang terjadi. Pada batas tumpukan lempeng, terjadi akumulasi energi tinggi yang menjadi penyebab gempa bumi. Pergerakan lempeng tektonik akan terus berlangsung dengan kecepatan tertentu antara 2–10 cm per tahun.

"Gempa ini bisa terjadi tiap tahun, bisa tiap 10 tahun, bahkan bisa 100 tahun atau lebih." Ucap Peneliti Senior dari Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim (Puslit MKPI) ITS Amien Widodo kepada IDN Times, Jumat (22/3/2024).

Saat ini, lokasi gempa sesar aktif berjumlah sangat banyak. Terdaftar 295 lokasi sesar aktif di seluruh Indonesia. Gempa Tuban ini berskala >6 dan kedalaman 10 kilometer membuat jangkauan daerah guncangan semakin meluas hingga daratan Pulau Jawa.

Menurut Amien, dalam gempa Tuban, terjadi pergeseran permukaan secara horizontal yang tidak dapat menyebabkan tsunami. Meskipun demikian, gempa tersebut berpotensi mengakibatkan beberapa gempa susulan dengan magnitudo yang lebih rendah. Amien menyarankan untuk memantau gempa tersebut secara terus-menerus guna mengidentifikasi apakah masih ada tekanan aktif atau tidak, sebagai upaya mitigasi.

Amien berharap agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya terhadap fenomena gempa yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif ini. "Oleh karenanya gempa terbesar yang pernah terjadi harus dijadikan patokan dalam membuat bangunan dan infrastruktur." tuturnya.

Ia juga menekankan pentingnya waspada masyarakat terhadap gempa dan menjadikan ini sebagai edukasi, sehingga mereka bisa lebih menyadari dan memahami bahwa daerah mereka rentan terhadap gempa. 

Berikut kronologi gempa di perairan Tuban:

Gempa Besar Pertama
Kekuatan : 6.0 Mag
Tanggal : 22-Mar-2024
Waktu Gempa : 11:22:45 WIB
Lintang : 5.74 LS
Bujur : 112.32 BT
Kedalaman : 10 Km

Gempa Besar Kedua
Kekuatan : 5.3 SR
Tanggal : 22-Mar-2024
Waktu Gempa : 12:31:12 WIB
Lintang : 5.74 LS
Bujur : 112.36 BT
Kedalaman : 10 Km

Gempa Besar Ketiga
Kekuatan : 6.5 SR
Tanggal : 22-Mar-2024
Waktu Gempa : 15:52:58 WIB
Lintang : 5.76 LS
Bujur : 112.33 BT
Kedalaman : 10 Km

Baca Juga: Total 60 Kali Gempa Guncang Perairan Tuban, Bawean Paling Terdampak

Faradiba Divani Photo Community Writer Faradiba Divani

hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya