Comscore Tracker

Di Lokasi Penemuan Arca BPCB Temukan Struktur Bangunan

Struktur itu diduga merupakan tempat pemujaan

Tulungagung, IDN Times - Selain melakukan pendataan terhadap temuan dua arca di Desa Banjarsari, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung, tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur juga melakukan eskavasi di lokasi penemuan. Mereka melakukan penggalian di lokasi tersebut, dan menemukan sebuah struktur bangunan. Struktur berbahan batu bata besar ini ditemukan tak jauh dari tempat temuan arca.

1. Dugaan kuat merupakan tempat pemujaan 

Di Lokasi Penemuan Arca BPCB Temukan Struktur BangunanTumpukan batu bata berukuran besar di lokasi penemuan arca, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala BPCB Jawa Timur, Zakaria Kasimin menerangkan struktur ini diduga kuat berkaitan dengan temuan dua arca sebelumnya. Selain arca, di sekitar lokasi juga ditemukan jambangan, umpak dan pecahan tembikar.

Diduga kuat, struktur yang ditemukan ini merupakan sebuah lokasi pemujaan. "Struktur ini diduga berkaitan dengan temuan dua arca sebelumnya," ujarnya, Jumat (19/2/2021).

2. Belum diketahui bentuk struktur secara utuh

Di Lokasi Penemuan Arca BPCB Temukan Struktur BangunanTim BPCB Jawa Timur temukan struktur di lokasi temuan candi, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selama proses penggalian berlangsung, mereka banyak menemukan pecahan tembikar. Struktur ini ditemukan pada kedalaman sekitar 80 cm dari permukaan. Belum diketahui pasti bentuk struktir tersebut. Bagian yang tampak hanya permukaan saja. Dugaan struktur ini merupakan tempat pemujaan diperkuat dengan lokasinya yang berdekatan dengan sungai.

"Cuma apakah bentuknya seperti candi atau hanya pemujaan biasa itu yang belum diketahui, tapi kalau dilihat dari ukuran umpak yang ditemukan sepertinya bukan candi," jelasnya.

Baca Juga: Pria di Tulungagung Temukan Dua Arca Saat Bikin Kolam Ikan

3. Bulan depan agendakan eskavasi di lokasi temuan

Di Lokasi Penemuan Arca BPCB Temukan Struktur BangunanTim BPCB Jawa Timur temukan struktur di lokasi temuan candi, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pihak BPCB sendiri akan melakukan eskavasi lebih lanjut terkait temuan struktur ini. Proses eskavasi sendiri rencananya dimulai pada pertengahan bulan depan. Hal ini dikarenakan sejumlah anggota tim masih terlibat proses eskavasi di sejumlah situs di wilayah Jawa Timur.

"Ada sejumlah eskavasi yang kita lakukan, jadi untuk di Banjarsari ini kita jadwalkan dimulai pertengahan bulan Maret," pungkasnya.

Baca Juga: Ditemukan Warga, Dua Arca di Tulungagung Perwujudan Dewa

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul BPCB Temukan Struktur Bangunan di Lokasi Temuan Arca di Tulungagung

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya