Dua Arca yang Ditemukan di Tulungagung Merupakan Perwujudan Dewa

Diduga merupakan arca dewa siwa dan parwati

Tulungagung, IDN Times - Temuan dua buah arca di Desa Banjarsari, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung segera mendapat perhatian dari perwakilan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Tulungagung. Bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, mereka melakukan pengukuran terhadap dua arca tersebut. Secara bentuk keduanya masih dibilang cukup bagus dan jelas. Hanya bagian kaki arca saja yang rusak karena benturan dengan alat berat.

1. Dari sikap tangan, dipastikan arca perwujudan dewa

Dua Arca yang Ditemukan di Tulungagung Merupakan Perwujudan DewaPetugas BPCB Trowulan di Tukungagung mengukur arca yang ditemukan, IDN Times/ istimewa

Koordinator BPCB Jawa Timur Wilayah Tulungagung, Haryadi menuturkan kedua arca ini memiliki ukuran yang berbeda. Untuk arca besar mempunyai tinggi 78 cm dan arca kecil setinggi 60 cm. Dari bentuk fisik kedua arca ini merupakan perwujudan dewa yang biasa ditemukan di wilayah pemujaan.

Hal ini diperkuat dengan jumlah tangan serta posisinya. "Untuk nama dewa nya masih menunggu hasil kajian, namun jika dilihat dari sikap tangan dan jumlahnya ini merupakan arca perwujudan dewa," ujarnya, Rabu (17/2/2021).

2. Diperkirakan berasal dari zaman Kerajaan Majapahit

Dua Arca yang Ditemukan di Tulungagung Merupakan Perwujudan DewaPetugas BPCB Trowulan di Tukungagung mengukur arca yang ditemukan, IDN Times/ istimewa

Haryadi menduga bahwa arca ini merupakan perwujudan dari Dewa Siwa. Untuk arca besar menyerupai bentuk laki-laki. Sedangkan yang berukuran kecil menyerupai bentuk wanita. Arca kecil ini diduga merupakan arca Parwati, yang tak lain adalah istri Dewa Siwa. T

erkait dengan zaman, Haryadi menduga arca ini berasal dari zaman Kerajaan Majapahit. "Ini masih dugaan saja, untuk pastinya memerlukan kajian lebih lanjut dan itu yang akan dilakukan oleh BPCB Jawa Timur," imbuhnya.

Baca Juga: Warga Jombang Temukan Benda Kuno Mirip Sumur di Area Persawahan

3. Tak jauh dari lokasi pernah ditemukan arca juga

Dua Arca yang Ditemukan di Tulungagung Merupakan Perwujudan DewaPetugas BPCB Trowulan di Tukungagung mengukur arca yang ditemukan, IDN Times/ istimewa

Berdasarkan hasil pantauan di lapang, Haryadi memperkirakan masih terdapat beberapa benda diduga cagar budaya lain yang berada di sekitar lokasi penemuan. Hal ini diperkuat dengan banyaknya temuan batu bata berukuran besar, yang membentuk struktur.

Tak jauh dari lokasi penemuan, sekitar 2 Km ke arah Selatan tepatnya di Desa Pojok, juga pernah ditemukan arca yang kini disimpan di BPCB Jawa Timur. "Apakah masih berkaitan atau tidak itu yang akan menjadi salah satu bahan kajian, temuan sebelumnya terjadi sekitar 15 tahun yang lalu," pungkasnya.

4. Arca ditemukan saat membuat kolam ikan

Dua Arca yang Ditemukan di Tulungagung Merupakan Perwujudan DewaAhsin Azhari bersama dua arca yang ditemukannya, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sebelumnya dua buah arca ditemukan oleh Ahsin Azhar (38), warga Desa Bajarsari, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung pada Selasa (16/2/2021) kemarin. Arca ini ditemukan saat sedang membangun kolam ikan di halaman belakang rumahnya. Selain arca sejumlah benda diduga cagar budaya lain seperti bokor sesaji, umpak dan batu bata berukuran besar juga ditemukan.

Baca Juga: Buat Kolam Ikan, Pria di Tulungagung Temukan Dua Arca

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya