Pilwali Kota Blitar, PDIP dan Gerindra Resmi Berkoalisi

Rekomendasi kedua partai telah turun

Blitar, IDN Times - Wali Kota Blitar, Santoso resmi memperoleh rekomendasi dari DPP PDIP untuk maju di Pilwali Kota Blitar 2020. Sesuai rekomendasi, Santoso akan berpasangan dengan Tjutjuk Sunaryo yang merupakan Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jatim. Dengan turunnya rekomendasi ini, PDIP dan Gerindra resmi berkoalisi. Dalam waktu dekat keduanya juga akan membuat posko pemenangan.

1. Segera lakukan konsolidasi 

Pilwali Kota Blitar, PDIP dan Gerindra Resmi BerkoalisiSantoso dan Tjujuk Sunario, pasangan yang diusung PDIP dan Gerindra di Pilwali Kota Blitar 2020, IDN Times/ istimewa

Rekomendasi dari DPP PDIP diserahkan kepada pasangan Santoso - Tjutjuk melalui DPD PDIP Provinsi Jatim di kantor DPD PDIP Provinsi Jatim di Surabaya, pada Jumat (17/7/2020). Usai menerima rekomendasi tersebut ,Santoso mengatakan segera bergerak dan melakukan konsolidasi dengan pengurus DPC PDIP Kota Blitar untuk membentuk tim pemenangan.

"Secepatnya kami bersama relawan akan melakukan deklarasi pasangan Santoso-Tjutjuk untuk maju di Pilwali Blitar 2020. Kami akan mempersiapkan waktu yang tepat untuk deklarasi," ujarnya, Sabtu (18/07/2020).

2. Siapkan posko pemenangan 

Pilwali Kota Blitar, PDIP dan Gerindra Resmi BerkoalisiSurat rekomendasi dari DPP PDIP untuk pasangan Santoso dan Tjujuk, IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Blitar, Tan Ngi Hing mengatakan Tjutjuk merupakan kader Partai Gerindra. Saat ini, Tjutjuk menjabat sebagai wakil ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jatim. "Kami segera merapatkan barisan di internal partai dan secepatnya berkomunikasi dengan DPC PDIP Kota Blitar untuk membentuk tim pemenangan,"imbuhnya.

Baca Juga: PDIP Resmi Dukung Gibran Maju di Pilkada Solo

3. Gerindra lakukan komunikasi politik ke beberapa parpol

Pilwali Kota Blitar, PDIP dan Gerindra Resmi Berkoalisiilustrasi Pilkada serentak 2020, IDN Times/ istimewa

Saat ini DPC Partai Gerindra Kota Blitar juga terus menjalin komunikasi dengan partai lain yang memiliki kursi di DPRD dan sejumlah partai non-parlemen untuk menambah dukungan dalam mengusung pasangan Santoso-Tjutjuk di Pilwali Blitar 2020. Koalisi PDIP dan Partai Gerindra sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mengusung pasangan tersebut. PDIP memiliki 10 kursi dan Partai Gerindra memiliki dua kursi di DPRD Kota Blitar.

Sedangkan syarat untuk bisa mengusung calon wali kota dan calon wakil wali kota di Pilwali Blitar 2020 minimal harus memiliki lima kursi di DPRD Kota Blitar."Kami tetap menjalin komunikasi dengan sejumlah partai lain dan partai non-parlemen untuk mendukung pasangan Santoso-Tjutjuk," pungkasnya.

Baca Juga: Kembali Diusung PDIP, Mas Ipin Gandeng Politikus Muda PKB

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya