Perawat RSUD Jombang Meninggal Terpapar COVID-19

Sempat menjalani perawatan 10 hari
Jombang, IDN Times - Seorang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang meninggal terpapar COVID-19. Sebelum meningal, perawat bernama Kasihanto itu menjalani perawatan 10 hari di rumah sakit setempat.
 
"Ya (meninggal), beliau perawat yang bertugas sebagai asissten di kamar operasi Instalasi Gawat Darurat," kata Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran, Senin (2/11/2020).
 

1. Panas mendadak lalu mengalami sesak nafas

Perawat RSUD Jombang Meninggal Terpapar COVID-19dr. Pudji Umbaran. IDN Times/Zainul Arifin

Pudji mengatakan, pada tanggal 22 Oktober lalu suhu badan Kasiyanto mendadak panas tinggi. Setelah itu, Kasihanto dirawat di ruang abu-abu RSUD setempat lalu dilakukan pemeriksaan dengan screening COVID-19.

Dalam pemeriksaan awal, hasilnya non reaktif. Namun, kondisinya terus memburuk sehingga pihak rumah sakit melakukan ulang dengan swab test dan didapati hasilnya positif COVID-19.
 
"Hari berikutnya ada peningkatan lagi sehingga kami curiga langsung kami lakukan pemeriksaan swab, dan ternyata positif. Kemudian kami lakukan penanganan secara intensif di ruang isolasi khusus karena saat itu panas tinggi disertai dengan sesak nafas," kata Pudji.

2. Mengalami perburukan di paru-paru dan meninggal dalam perawatan 10 hari

Perawat RSUD Jombang Meninggal Terpapar COVID-19Ilustrasi Mayat (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah itu, tim medis melakukan pemeriksaan radiologi pada Kasihanto. Dari pemeriksaan itu, hasil rontgen paru-parunya buruk. Begitupun ketika serial pemeriksaan radiologi, Puji melanjutkan, ternyata juga terjadi perburukan terus menerus hingga akhirnya nyawa yang bersangkutan tidak bisa tertolong

"Kita rawat di ruang isolasi selama 10 hari hingga yang bersangkutan meninggal dunia pada Minggu (1/11/2020) kemarin," jelasnya.

3. Tidak ditemukan penyakit penyerta

Perawat RSUD Jombang Meninggal Terpapar COVID-19Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran. IDN Times/Zainul Arifin

Menurut Pudji, selama pemeriksaan terhadap almarhum belum ditemukan adanya komorbid atau penyakit penyerta. Hingga saat ini, pihak rumah sakit juga masih menelusuri penyebab pasti meninggalnya Kasihanto.

"Jadi kalau kita melihat usianya masih muda sementara komorbid juga kami belum menemukan. Kami betul betul ingin mencari seperti apa," ujarnya.

4. Pihak rumah sakit menduga tertular saat berjualan

Perawat RSUD Jombang Meninggal Terpapar COVID-19RSUD Jombang. IDN Times/Zainul Arifin
Pudji menambahkan, sejak yang bersangkutan sakit meskipun awalnya non reaktif, pihaknya sudah melakukan langkah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di ruang kerjanya bahkan merumahkan rekan kerja yang pernah kontak langsung dengan almarhum.
 
Dalam melakukan tracing di ruang kerja yang bersangkutan semuanya negatif COVID-19. Pudji memastikan, Kasiyanto tertular COVID-19 dari luar lingkungan RSUD Jombang. Pasalnya, ia juga memiliki aktifitas di luar, yakni usaha toko kelontong di rumahnya.
 
"Kami telusuri kemungkinan dia mendapatkan penularan infeksi ini dari luar. Sempat kita telusur lagi beliau punya aktivitas jualan di rumah yang menuntut harus sering kulakan di pasar. Ada kemungkin mungkin yang bersangkutan tertular di pasar," ujarnya.

5. Pudji ingatkan masyarakat pendemik COVID-19 belum selesai

Perawat RSUD Jombang Meninggal Terpapar COVID-19idn media
Sebagai langkah antisipasi penularan COVID-19, Pudji kembali mengingatkan pada masyarakat untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, di antaranya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 
 
"Kita harus ingatkan pada masyarakat luas bahwa COVID-19 ini belum selesai, penularan masih bisa terjadi dimana mana. Tempat tempat yang terjadi kerumunan seperti di pasar, tempat hiburan, mal dan sebagainya. Maka semua harus tetap menggunakan protokol kesehatan baik itu pedagang maupun itu pembeli-nya," katanya.
 
 "Karena saat ini kita hidup di pandemik COVID-19 dengan new normal, maka mau tidak mau tiga hal penting yang harus kita lakukan yakni menggunakan masker, menjaga jarak menghindari kerumunan dan mencuci tangan," sambungnya mengakhiri.

Baca Juga: Bertambah Lagi, Ini Daftar Perawat di Jatim yang Gugur karena COVID-19

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya