Comscore Tracker

Longsor di Ampelgading Malang, Satu Orang Hilang

Saat longsor terjadi, korban sedang mencari pakan ternak

Malang, IDN Times - Seorang warga Desa Tamansari, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang bernama Suliswanto (35) dilaporkan hilang pada Rabu (21/4/2021). Ia diduga tertimbun longsor saat mencari pakan ternak. 

1. Wilayah longsor memang berpasir

Longsor di Ampelgading Malang, Satu Orang HilangWarga secara swadaya melakukan pencarian kepada satu orang yang diduga tertimbun longsor. Dok/Camat Ampelgading

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setiono menjelaskan bahwa, peristiwa tanah longsor tersebut bukan karena gempa beberapa waktu lalu. Peristiwa tersebut terjadi sangat mendadak.

“Cuaca sedang baik dan tidak hujan, tetapi tiba-tiba ada peristiwa tanah longsor. Wilayah longsoran memang berpasir," kata Bagyo, Rabu (21/4/2021). 

Baca Juga: Tebing Longsor Timpa Ponpes di Pamekasan, 5 Santriwati Meninggal Dunia

2. Terus lakukan upaya pencarian korban

Longsor di Ampelgading Malang, Satu Orang HilangWarga berupaya mencari satu korban yang diduga tertimbun reruntuhan longsor. Dok/Camat Ampelgading

Peristiwa tanah longsor itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Usai mendapat laporan tersebut, BPBD Kabupaten Malang langsung menurunkan tim untuk melakukan upaya pencarian. Pencarian juga dibantu oleh Babinsa dan masyarakat setempat. Lantaran lokasi yang cukup sulit, alat berat tidak bisa masuk ke lokasi. 

"Lokasinya memang tanah bergerak. Tidak tinggi, tetapi memang cukup luas mencapai satu hektare," tambahnya. Hingga saat ini korban belum ditemukan.

3. Longsor terjadi di wilayah pegunungan

Longsor di Ampelgading Malang, Satu Orang HilangLereng yang mengalami longsor di kaki gunung Semeru. Dok/Camat Ampelgading

Sementara itu, Camat Ampelgading Achmad Sovie, menambahkan bahwa dirinya memang belum mengetahui secara pasti penyebab longsor. Pasalnya pada saat kejadian cuaca di Desa Tamansari sedang cerah. Lokasi kejadian sendiri berada di kaki Gunung Semeru.

“Kalau penyebab pastinya kami masih belum tahu. Sampai Rabu petang, korban belum ditemukan,” katanya. 

Proses pencarian korban menurut Achmad akan kembali dilanjutkan pada hari kami. Rencananya, pencarian akan dilakukan dengan mengerahkan relawan, masyarakat sekitar, termasuk TNI Polri. Pencarian akan diperluan pada area longsor untuk sesegera mungkin menemukan korban yang diduga tertimbun longsor. 

“Tidak bisa menggunakan alat berat, karena ini pegunungan. Jadi kami kerahkan masyarakat dan nanti akan dibantu TNI Polri juga," tandasnya. 

Baca Juga: Rawan Longsor, Lereng Gunung Wilis di Madiun Ditanami Akar Wangi 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Diduga Tertimbun Longsor, Seorang Warga di Malang Dilaporkan Hilang  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya