Berusia di Atas 60 Tahun, Bupati Tulungagung Divaksin Besok

Masuk sasaran vaksinasi tahap kedua

Tulungagung, IDN Times - Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dijadwalkan akan menerima suntikan vaksin sinovac Rabu, (24/2/2021). Pada pelaksanaan penyuntikan vaksin tahap pertama lalu, Maryoto tidak mendapatkan suntikan vaksin karena berusia di atas 60 tahun.

Dalam penyuntikan tahap kedua ini, mereka yang berusia diatas 60 tahun menjadi salah satu sasaran penerima vaksin. Bersama istrinya, Maryoto akan mendapatkan suntikan vaksin di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

1. Dinas Kesehatan telah terima kiriman vaksin Sinovac

Berusia di Atas 60 Tahun, Bupati Tulungagung Divaksin BesokVaksin sinovac yang akan disuntikkan, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr. Kasil Rohmad menuturkan, pihaknya telah menerima kiriman vaksin untuk pelaksanaan tahap kedua ini. Sebanyak 12.736 dosis vaksin saat ini disimpan di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan.

Vaksin ini diperuntukkan bagi 6.368 sasaran yang sudah terdaftar. Mereka terdiri dari TNI, polisi, jurnalis dan sebagian ASN. "Vaksin untuk dua kali penyuntikan sudah siap, pelaksanaan akan dimulai besok hingga empat hari kedepan," ujarnya, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: BPCB Sebut Arca di Tulungagung Wujud Dewa Siwa dan Parwati

2. Vaksinasi akan dilakukan hingga bulan April

Berusia di Atas 60 Tahun, Bupati Tulungagung Divaksin BesokIlustrasi penyuntikan vaksin, IDN Times/ Arief Rahmat

Jumlah vaksin yang sudah tiba ini sebenarnya masih belum mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua. Sesuai pendataan yang dilakukan Dinas Kesehatan, total jumlah sasaran di tahap kedua ini mencapai 225.000 jiwa.

Selain ASN, TNI dan polisi, pedagang di pasar tradisional serta karyawan pusat perbelanjaan juga terdaftar sebagai sasaran. Meskipun begitu, Kasil menerangkan proses vaksinasi tahap kedua ini akan berlangsung secara bertahap hingga bulan April mendatang.

"Kedatangan vaksin juga akan bertahap, ini kita habiskan yang sudah ada dulu, yang jelas semua sasaran akan menerima vaksin," jelasnya.

3. Tambah jumlah faskes dan vaksinator

Berusia di Atas 60 Tahun, Bupati Tulungagung Divaksin BesokPetugas menyiapkan vaksin yang akan disuntik di Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Banyaknya jumlah sasaran ini membuat pihak Dinas Kesehatan menambah dua fasilitas kesehatan untuk melayani vaksinasi. Total terdapat 42 faskes yang terdiri dari Puskesmas dan rumah sakit swasta serta negeri.

Mereka juga akan membuka vaksinasi di sejumlah fasilitas layanan umum seperti pasar tradisional dan taman budaya. "Jumlah vaksinator juga kita tambah lagi, yang jelas besok kita mulai untuk vaksinasi tahap kedua termin pertama," pungkasnya.

Baca Juga: BPCB Temukan Struktur Bangunan Saat Pugar Candi Mirigambar Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya