Comscore Tracker

BPCB Sebut Arca di Tulungagung Wujud Dewa Siwa dan Parwati

Ada beberapa benda lain yang ditemukan di lokasi

Tulungagung, IDN Times - Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, meninjau lokasi penemuan dua arca di Desa Banjarsari, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung. Mereka melakukan pengukuran dan pendataan terhadap benda diduga obyek cagar budaya, yang ditemukan oleh Ahsin Ashari (38). Selain arca, terdapat temuan lain berupa jambangan, umpak dan pecahan tembikar dari lokasi yang sama.

1. Pasangan dewa suami istri

BPCB Sebut Arca di Tulungagung Wujud Dewa Siwa dan ParwatiPetugas BPCB Jawa Timur meninjau lokasi penemuan arca di Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala BPCB Jawa Timur, Zakaria Kasimin menerangkan secara umum kondisi arca yang ditemukan ini masih bagus. Bagian wajah tidak mengalami kerusakan dan bisa dikenali. Dari identifikasi yang dilakukan oleh tim BPCB, arca ini diketahui merupakan perwujudan dari Dewa Siwa dan Parwati.

"Jadi ini adalah arca pasangan suami istri, yang berukuran besar merupakan arca Dewa Siwa dan yang kecil arca Parwati," ujarnya, Jumat (19/2/2021).

2. Belum diketahui pasti zaman kerajaan

BPCB Sebut Arca di Tulungagung Wujud Dewa Siwa dan ParwatiPetugas BPCB Jawa Timur meninjau lokasi penemuan arca di Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Meskipun telah bisa diidentifikasi, namun pihak BPCB belum bisa memastikan kedua arca ini berasal dari zaman kerajaan mana. Mereka masih membutuhkan kajian lebih mendalam lagi, terkait arca dan temuan lain yang berada satu lokasi.

Diperkirakan, arca ini merupakan bagian dari sebuah tempat pemujaan. "Kalau zaman kerajaan diperkirakan masa kerajaan Singasari atau Majapahit, kita masih membutuhkan kajian lebih mendalam lagi," jelasnya.

3. Terus pantau lokasi penemuan

BPCB Sebut Arca di Tulungagung Wujud Dewa Siwa dan ParwatiPetugas BPCB Jawa Timur meninjau lokasi penemuan arca di Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Untuk sementara arca ini disimpan di rumah pemilik tanah. Zakaria mengimbau selanjutnya kedua arca tersebut disimpan di Museum Daerah setempat, untuk menjaga keamanannya. Selain itu mereka juga masih akan melakukan pemantauan di lokasi penemuan arca.

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat benda diduga obyek cagar budaya lain yang berada di lokasi yang sama. "Sejauh ini selain arca terdapat juga benda lain seperti jambangan, umpak dan pecahan tembikar, kita masih terus lakukan pemantauan," pungkasnya.

Baca Juga: Buat Kolam Ikan, Pria di Tulungagung Temukan Dua Arca

4. Arca ditemukan saat membuat kolam ikan

BPCB Sebut Arca di Tulungagung Wujud Dewa Siwa dan ParwatiArca yang ditemukan di Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sebelumnya, dua buah arca ditemukan saat sedang proses pembangunan kolam ikan, di halaman belakang rumah Ahsin Ashari (38). Alat berat yang digunakan dalam proses pengerukan tanah, membentur sebuah benda.

Setelah dilihat benda tersebut merupakan arca. Mereka kemudian melanjutkan penggalian dan menemukan satu arca lain, dengan jarak yang berdekatan.

Baca Juga: Ditemukan Warga, Dua Arca di Tulungagung Perwujudan Dewa

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Arca yang Ditemukan di Tulungagung Wujud Dewa Siwa dan Parwati

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya