Kunjungi Tiga Negara, Wagub Emil Dardak Jadi Lead Speaker Konferensi 

Sesuai arahan Gubernur Khofifah

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak melakukan kunjungan kerja ke Prancis, Inggris, hingga Jepang. Menurutnya, kunjungan kerja yang dilakukan itu adalah sesuai dari apa yang diarahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa. Rencananya, dia berangkat mulai hari ini, Jumat (14/6). 

Baca Juga: Emil Dardak, Wagub Muda yang Pernah Jadi Vice Precident BUMN

1. Hadiri Konferensi OECD di Paris

Kunjungi Tiga Negara, Wagub Emil Dardak Jadi Lead Speaker Konferensi IDN Times/Ardiansyah Fajar

Kunjungan pertama Emil akan dilakukan di ibukota Prancis, Paris. Dia akan menjadi lead speaker pada konferensi yang diselenggarakan organisasi internas Hbional OECD.

OECD sendiri adalah sebuah organisasi internasional dengan tiga puluh negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas.

"Saya menjadi lead speaker pada konferensi yang diselenggarakan organisasi internasional OECD di Paris dengan tiket pesawat ditanggung pihak penyelenggara," ujarnya melalui rilis yang diterima IDN Times, Jumat (14/6). 

Menurut Emil, konferensi itu diselenggarakan dengan bekerja sama dengan Asosiasi Pemda Se-Dunia (United Cities and Local Government / UCLG). Tema yang akan diangkat adalah mengenai pembiayaan pembangunan pemerintah daerah.

"Mudah-mudahan bisa membawa manfaat bagi masyarakat Jawa Timur," kata dia.

2. Bicarakan soal investasi hingga energi terbarukan

Kunjungi Tiga Negara, Wagub Emil Dardak Jadi Lead Speaker Konferensi IDN Times/Marisa Safitri

Usai di Prancis, Emil langsung bertolak ke Inggris. Dia akan menempuh perjalanan darat ke negara dengan ibukota London itu.

"Melakukan serangkaian pertemuan yang difokuskan kepada kerjasama dan investasi," lanjut Emil.

Dalam pertemuan itu, rencananya akan dibahas soal pengelolaan limbah B3 dan energi terbarukan. Salah satunya adalah penggunaan sel fotovoltaik amorf yang bisa untuk mengaliri listrik 500 ribu rumah tangga yang belum dialiri listrik.

3. Pemaparan potensi investasi pada pertemuan G-20

Kunjungi Tiga Negara, Wagub Emil Dardak Jadi Lead Speaker Konferensi IDN Times/Ardiansyah Fajar

Usai kunjungan kerja di Prancis dan Inggris, dia akan berkunjung ke Osaka, Jepang. Di sana, dia akan mewakili Provinsi Jawa Timur untuk memaparkan potensi investasi pada pertemuan akbar tahunan G-20 (pimpinan negara dari 20 negara ekonomi terbesar dunia termasuk Indonesia akan berkumpul).

Selain Jawa Timur, ujar Emil, ada 6 provinsi lain yang juga akan mendapat sesi pemaparan (Jabar, Jateng, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Bali dan Sulawesi Selatan).

"Mohon doa restunya semoga bisa membawa capaian yang kongkrit untuk memajukan Jawa Timur," tutupnya.

Baca Juga: Emil Dardak: Saat Curhat dengan Ibu Ani, Beliau Bisa Cairkan Suasana

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya