Fikri, Pengamen Berusia 7 Tahun yang Jadi 'Anak' Wali Kota Risma

Fikri ngamen hingga Jawa Tengah

Surabaya, IDN Times - Saat mengumpulkan anak jalanan di rumah dinasnya Jumat (4/1), Wali Kota Tri Rismaharini mengajak ngobrol seorang anak laki-laki yang menggunakan kaus dan celana biru. Anak tersebut adalah Fikri (7), pengamen yang mengaku hidup di jalanan. Selama ini dia hidup bersama pakdenya. Sementara orangtuanya tidak diketahui keberadaannya. 

1. Fikri selama ini mengamen

Fikri, Pengamen Berusia 7 Tahun yang Jadi 'Anak' Wali Kota RismaIDN Times/Edwin Fajerial

Fikri dengan polosnya bercerita kepada Risma jika dia mengamen dengan menumpang sebuah bus umum. "Ak melu ngamen ambek pakdeku. Ngamen teko Indramayu, Tegal, Semarang, Cirebon nganti Jakarta (Saya ikut ngamen dengan pakde. Mengamennya sampai Indramayu, Tegal, Semarang, Cirebon, sampai Jakarta)," kata Fikri.

Saat mengamen, Fikri sempat ditinggal sendirian oleh pakdenya di sebuah tempat di Semarang. Dia lalu mendatangi pos polisi yang kemudian diantarkan oleh seorang polisi untuk naik bus ke Terminal Purabaya Surabaya. 

Baca Juga: Hebat! Tim Sepak Bola Anak Jalanan Garuda Baru Ikuti Piala Dunia di Moscow

2. Fikri dijadikan anak oleh Risma

Fikri, Pengamen Berusia 7 Tahun yang Jadi 'Anak' Wali Kota RismaIDN Times/Edwin Fajerial

Mendengar cerita Fikri, Risma kemudian menawarkan untuk jadi 'anaknya'. "Lek melu aku gelem ta (kalau ikut aku mau?)," tanya Risma kepada Fikri.

Mendengar tawaran Risma itu, Fikri langsung menjawab, "Aku gelem (aku mau)," jawa Fikri.

Risma kemudian bilang jika Fikri akan jadi 'anaknya'. "Saiki dadi anakku ya, lek ditakoni anake sopo jawabe opo? (sekarang jadi anakku ya, kalau ditanya anaknya siapa jawabnya apa?)," tanya Risma kepada Fikri.

"Anaknya Wali Kota," kata Fikri yang langsung disambut tawa beberapa pimpinan dinas maupun camat yang hadir dalam acara itu.

3. Fikri akan dibina oleh Pemkot Surabaya

Fikri, Pengamen Berusia 7 Tahun yang Jadi 'Anak' Wali Kota RismaIDN Times/Edwin Fajerial

Risma mengatakan jika Fikri saat ini telah menjadi binaan Pemkot Surabaya. Dia berada di sebuah tempat yang dikelola Pemkot Surabaya. "Fikri kami ambil tinggal di tempat kami. Tapi, jangan tanya ditempatkan di mana, karena ini harus dirahasiakan," kata Risma. 

Baca Juga: Kumpulkan Anak Putus Sekolah, Risma Minta Mereka Tak Ngamen

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya