Tak Mau Jadi Penghalang, Ketua DPC Demokrat Tuban Pilih Mundur 

DPP Demokrat dukung Riyadi di Pilkada Tuban

Tuban, IDN Times - Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tuban Muhammad Anwar tiba-tiba mengundurkan diri sehari sebelum pendaftaran calon bupati di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dibuka. Alasan Anwar mundur karena dirinya tidak bisa mendampingi calon lain yang diusung DPP Demokrat mendaftar ke KPU.

"Iya mas, kemarin (Kamis) saya mengundurkan diri dan pengunduran saya karena saya tidak mau menghalang-halangi calon yang diusung DPP, Demokrat" kata Anwar saat dihubungi IDN Times, Jumat (4/8/2020).

1. Bantah jika pengunduran dirinya menjadi ketua karena tidak dapat rekom 

Tak Mau Jadi Penghalang, Ketua DPC Demokrat Tuban Pilih Mundur Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Anwar membantah jika pengunduran dirinya karena tidak mendapatkan rekom dari Partai Demokrat untuk maju di Pilkada Tuban. Namun, dia tidak menampik kalau alasannya mundur dari Demokrat karena akan mendampingi bakal calon bupati Khozana Hidayati yang didukung oleh PKB.

"Setiap calon dari Demokrat yang mendaftar ke KPU kan harus didampingi oleh ketua dan sekretaris. Sedangkan tidak mungkin saya ikut mendampingi calon yang diusung DPP Demokrat, sementara saya sendiri juga nyalon," katanya.

2. DPP Demokrat tunjuk calon lain di Pilkada Tuban 

Tak Mau Jadi Penghalang, Ketua DPC Demokrat Tuban Pilih Mundur Ilustrasi Surat Suara (Pemilu) (IDN Times/Mardya Shakti)

Anwar juga mengaku, tidak tahu jika keputusan DPP Demokrat mengangkat calon lain. Padahal secara elektabilitas, namanya lebih unggul daripada calon yang diusung DPP, Riyadi mantan Kades Maibit, Kecamatan Rengel. Riyadi bakal dipasangkan dengan Ketua DPC Golkar Tuban Aditya Halindra Faridzki.

"Ya tidak tahu mas alasannya apa. Padahal elektabilitas saya jauh lebih tinggi," ungkapnya.

Baca Juga: Sekeluarga di Tuban Meninggal akibat COVID-19 usai Menolak Diisolasi

3. Sudah menyerahkan surat pengunduran diri ke DPW Demokrat Jatim

Tak Mau Jadi Penghalang, Ketua DPC Demokrat Tuban Pilih Mundur Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Surat pengunduran diri Anwar itu sudah disodorkan ke DPW Demokrat Jatim. Selanjutnya, DPW segera menunjuk Plt Ketua DPC Demokrat Tuban.

"Ya kita juga tidak tahu apakah dengan kemunduran ini banyak masyarakat yang simpatik dan mendukung atau saya diuntungka. Tapi yang pasti, semua itu saya serahkan kepada masyarakat biar mereka yang menilai," ujarnya.

4. Anwar akan mendampingi Khozana Hidayati

Tak Mau Jadi Penghalang, Ketua DPC Demokrat Tuban Pilih Mundur Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Anwar menjelaskan, keputusan untuk mendampingi Khozana Hidayati maju di Pilkada Tuban itu pun dilakukan secara tiba-tiba. Maka pengunduran dirinya pun juga dianggap mengejutkan banyak pihak.

"Ya mungkin ini sudah jalan yang sudah diatur sama yang Maha Kuasa. Saya diminta menjadi pendamping Ibu Khozana Hidayati dan saya minta doanya semoga menang di Pilkada Tuban nanti," pungkasnya.

Baca Juga: Dinsos Tuban Temukan Data BPNT dan PKH Tak Tepat Sasaran

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya