Comscore Tracker

Sempat Dinyatakan Sembuh, Pasien COVID-19 di Lumajang Meninggal

Baru pulang ke rumah dua hari lalu

Lumajang, IDN Times – Seorang pasien COVID-19 asal Lumajang berinisial AZ meninggal dunia, Jumat (17/4). AZ sebelumnya sudah dinyatakan sembuh dan bebas dari COVID-19 dua hari lalu. Kabar meninggalnya AZ dibenarkan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

1. Hasil tes swab negatif setelah dirawat di rumah sakit selama 14 hari

Sempat Dinyatakan Sembuh, Pasien COVID-19 di Lumajang MeninggalIlustrasi virus corona. pixabay.com/illustrations

Dikutip dari Antara, Thoriq menjelaskan, AZ sebelumnya dirawat di RSUD dr Haryoto Lumajang selama 14 hari. Pada 15 April lalu warga Banyuputih Lor, Randuagung itu diizinkan pulang ke rumahnya setelah hasil tes swab-nya negatif COVID-19. Sebelum itu, kondisi AZ juga sudah stabil, tidak mengalami gejala batuk, sesak napas, dan demam tinggi.

”Dua kali swab hasilnya negatif. (AZ) sembuh dan bisa dipulangkan dengan prosedur karantina mandiri selama seminggu. Tentu, seluruh ikhtiar dan tahapan prosedur telah dilakukan,” jelas Thoriq, Jumat (17/4).

2. Terus koordinasi dengan Pemprov Jatim dan Kemenkes

Sempat Dinyatakan Sembuh, Pasien COVID-19 di Lumajang Meninggal(Foto hanya ilustrasi) Tes swab COVID-19 di Labkesda Jabar. Dok/Humas Jabar

Meninggalnya AZ tak pelak menjadi pukulan bersama. Sebab dia sudah dinyatakan sembuh.

Thoriq menambahkan, Pemkab Lumajang akan terus berkonsultasi dengan Pemprov Jatim dan Kemenkes. Terlebih saat ini virus corona seolah tidak bisa diprediksi. Pencegahan terbaik adalah tetap sadar dengan kebersihan, mulai cuci tangan hingga menerapkan pola hidup bersih.

"AZ menjadi duka yang bertambah bagi seluruh langkah penanganan virus corona yang semakin unpredictable. Yang terbaik hari ini adalah melakukan pencegahan dengan menggunakan masker, cuci tangan, berada di rumah, jaga jarak, hidup bersih, jaga imunitas, dan jaga kesehatan,” tambah politikus PKB tersebut.

Baca Juga: Kegigihan Ari Fajar, Tunanetra asal Lumajang yang Jadi Perajin Keset

3. Sampaikan duka cita yang mendalam

Sempat Dinyatakan Sembuh, Pasien COVID-19 di Lumajang MeninggalKementerian Kesehatan Republik Indonesia

Pemkab Lumajang menyampaikan duka cita yang sangat mendalam atas kepergian AZ. Thoriq memastikan bahwa proses pemakaman jenazah AZ tetap dipantau dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada keluarga yang ditinggalkan.

"Kami semua turut berduka dan berbela sungkawa, Kami semua ikut bersedih dan saya yakin almarhum AZ dalam keadaan husnul khotimah," tuturnya

Baca Juga: Senpi Rakitan Asal Lumajang Diduga Diselundupkan ke Papua

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya