Comscore Tracker

Petani di Tulungagung Gelar Kenduri Buka Sawah Jelang Musim Tanam

Berharap hasil panen membawa berkah

Tulungagung, IDN Times - Para petani di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung punya tradisi jelang musim tanam. Namanya kenduri buka sawah. Tradisi itu merupakan bentuk syukur atas limpahan berkah yang mereka nikmati selama ini. Selain itu, mereka berharap hasil panen nanti membawa berkah dan terhindar dari serangan hama.

1. Mulai kembali dilaksanakan 3 tahun terakhir

Petani di Tulungagung Gelar Kenduri Buka Sawah Jelang Musim TanamPetani di Desa Kendalbulur, Tulungagung, gelar kenduri buka sawah, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Desa Kendalbulur, Anang Mustofa menjelaskan, tradisi ini sempat hilang beberapa tahun lalu. Pihak desa kemudian mengangkat lagi tradisi ini sejak tiga tahun terakhir.

Selain sebagai bentuk rasa syukur, tradisi kenduri buka sawah ini juga merupakan bentuk gotong royong antar petani. Tiap petani membawa nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya, untuk didoakan oleh pemuka agama. Setelah itu nasi dibagikan dan disantap bersama.

"Ini merupakan salah satu upaya kami untuk melestarikan bentuk kearifan lokal yang ada," jelas Anang.

2. Petani dapat bantuan subsidi benih dari desa

Petani di Tulungagung Gelar Kenduri Buka Sawah Jelang Musim TanamPetani di Desa Kendalbulur, Tulungagung, gelar kenduri buka sawah, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Luas lahan pertanian di desa tersebut mencapai 210 hektare. Mayoritas, oleh petani ditanami padi dan sisanya tanaman lain seperti cabai dan tembakau.

Pihak desa sendiri memberikan bantuan subsidi berupa benih padi ke petani. Tiap petani memperoleh bantuan benih seberat 5 kilogram. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan modal tanam petani, sehingga bisa dialihkan untuk kebutuhan pertanian lain.

"Uang yang dialokasikan untuk membeli bibit bisa digunakan untuk keperluan lain seperti membeli pupuk," tuturnya.

Baca Juga: IAIN Tulungagung Sudah Siapkan Draft Sanksi Dugaan Pelecehan Seksual

3. Dua jenis benih padi diberikan ke petani

Petani di Tulungagung Gelar Kenduri Buka Sawah Jelang Musim TanamPetani menyiapkan lahan sawah untuk ditanami padi, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Terdapat dua jenis bibit padi yang diberikan ke petani. Yaitu bibit padi legowo dan inpari 42.

Setiap benih padi ini mempunyai keunggulan berbeda. Untuk jenis bibit padi legowo akan dibagikan untuk petani di bagian timur. Jenis ini lebih tahan terhadap serangan hama tikus. Sedangkan bibit inpari 42 hasil padinya lebih bagus dan untuk petani di bagian barat.

"Yang lebih rawan terserang hama tikus bagian timur, untuk itu kami berikan bibit padi yang lebih tahan serangan hama," pungkasnya.

Baca Juga: Upacara Adat Bersih Nagari, Bentuk Syukur atas Limpahan Berkah

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Jelang Musim Tanam, Petani di Tulungagung Gelar Kenduri Buka Sawah

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya