Hari Jadi Tulungagung, Pemkab Gelar Upacara Adat Bersih Nagari

Bentuk syukur atas limpahan berkah

Tulungagung, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menggelar upacara adat Bersih Nagari. Upacara ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-815 Kabupaten Tulungagung. Upacara adat tersebut diselenggarakan setiap tanggal 18 November, sesuai dengan penanggalan dalam Prasasti Lawadan yang ditetapkan sebagai rujukan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung.

1. Arak Tumpeng Lanang dan Buceng Wadon

Hari Jadi Tulungagung, Pemkab Gelar Upacara Adat Bersih NagariTumpeng Lanang dan Buceng Wadon dalam upacara adat bersih nagari, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Dalam upacara ini dua buah tumpeng berukuran raksasa yang diberi nama Tumpeng Lanang dan Buceng Wadon diarak menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaningbongso. Tumpeng Lanang terdiri dari nasi kuning lengkap dengan aneka lauk pauk. Sedangkan Buceng Wadon berisi aneka buah buahan.

Setelah didoakan, biasanya kedua tumpeng ini dibawa ke luar pendopo dan menjadi rebutan masyarakat. Namun, pandemik corona yang masih terjadi membuat pihak panitia meniadakan sesi rebutan ini. Kedua tumpeng tidak dibawa ke luar pendopo usai acara selesai.

2. Prosesi upacara menyesuaikan dengan protokol kesehatan

Hari Jadi Tulungagung, Pemkab Gelar Upacara Adat Bersih NagariBuceng Wadon dalam upacara adat bersih nagari, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menjelaskan, terdapat beberapa perbedaan prosesi upacara adat tersebut. Hal ini dihilangkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Jumlah tamu undangan yang hadir juga dikurangi hingga 50 persen. Para ASN menyaksikan jalannya upacara adat ini secara online di kantor mereka masing-masing.

"Rute arak-arakan tumpeng juga kami perpendek. Jika biasanya dari halaman kantor pemkab menuju pendopo kali ini cukup dari gerbang depan pendopo saja," ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Dugaan Pelecehan Seksual pada Mahasiswi, IAIN Tulungagung Buka Suara

3. Siapkan sejumlah program pemulihan pascapendemik

Hari Jadi Tulungagung, Pemkab Gelar Upacara Adat Bersih NagariTumpeng Lanang dalam upacara adat bersih nagari, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Upacara adat Bersih Nagari ini merupakan bentuk rasa syukur atas limpahan berkah yang selama ini didapatkan masyarakat. Melalui upacara adat, pemkab berharap Tulungagung akan semakin lebih baik pada tahun mendatang. Sejumlah program pascapandemik untuk warga juga sudah disiapkan oleh Pemkab.

"Yang pasti pembangunan akan semakin maju dan lebih baik lagi sesuai slogan kita ayem tentrem mulyo tinoto," tukasnya.

Baca Juga: Lembaga Ini Sebut Pelecehan Seksual di IAIN Tulungagung Bukan Pertama

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya