Comscore Tracker

Kunjungi Pusat Batik Tulungagung, Khofifah: Ayo Beli Produk UMKM!

50 persen PDRB Jatim dari UMKM

Tulungagung, IDN Times - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah salah satu penopang perekonomian. Selama pandemik, tak sedikit UMKM yang gulung tikar.

Oleh sebab itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk melariskan UMKM. Hal itu dikatakan Khofifah saat mengunjungi sentra pembuatan batik tradisional di Desa Mojosari, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Minggu (13/9/2020).

1. 50 persen PDRB Jatim disumbang dari UMKM

Kunjungi Pusat Batik Tulungagung, Khofifah: Ayo Beli Produk UMKM!Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sambangi sentra batik di Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Khofifah menjelaskan, selama ini 50 persen pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di wilayah Jawa Timur di-support oleh pelaku UMKM. Selama pandemik corona, banyak pelaku UMKM yang menghentikan usahanya sementara waktu.

"Untuk itu, kami giat mengampanyekan bangga buatan UMKM Jawa Timur. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendorong dan menyerap produk UMKM," kata Khofifah.

2. Minta pelaku usaha batik daftarkan desain ke HKI

Kunjungi Pusat Batik Tulungagung, Khofifah: Ayo Beli Produk UMKM!Salah satu aktivitas di sentra pembatik di Kabupaten Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selain itu, Khofifah juga mengajak pelaku usaha batik untuk mendaftarkan desainnya ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hal ini merupakan salah satu bagian penguatan ekonomi kreatif. Menurutnya, selain mendaftarkan desain, para pelaku usaha batik juga harus melakukan inovasi agar bisa bersaing.

"Tadi saya lihat desain batiknya luar biasa bagus. Ini harus didaftarkan ke HKI sebagai bagian penguatan ekonomi kreatif," tuturnya.

Baca Juga: Di Tengah Pandemik, Khofifah Target Pajak Daerah Naik 20,4 Persen

3. 2 juta pelaku usaha mikro bakal dapat bantuan 

Kunjungi Pusat Batik Tulungagung, Khofifah: Ayo Beli Produk UMKM!Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sambangi sentra batik di Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Jumlah pelaku UMKM di Jawa Timur saat ini mencapi 9,78 juta. Pemprov Jatim awalnya mendapatkan kuota 1,8 juta pelaku UMKM untuk mendapatkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (Banpres PUM). Namun, dalam rapat terbatas pekan lalu, Khofifah meminta tambahan 200 ribu. Sehingga, total pelaku UMKM yang menerima bantuan sebanyak 2 juta.

"Jadi bagi pemilik usaha mikro bisa mendaftarkan diri untuk menerima bantuan tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Khofifah: Pilkada Harus Kampanyekan Protokol Kesehatan COVID-19

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Blusukan ke Pusat Batik Tulungagung, Khofifah Ajak Beli Produk UMKM

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya