Pesan Pemilu Cinta Damai dari TPS Liponsos Surabaya

#GenZMemilih Dekorasi valentine di TPS Liponsos penuh cinta

Surabaya, IDN Times - Demi menyemarakkan Pemilu pada Rabu (14/2/2024), TPS 54 dan 901di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos), Keputih, Surabaya mengusung tema Valentine. Konsep ini mencerminkan dekorasi hingga ketelatenan pendamping hingga petugas KPPS saat proses berlangsung.

"Kita menyesuaikan, karena hari ini Hari Valentine. Dan temanya itu semua kan Pemilu Damai gitu ya. Penuh cinta, khususnya untuk Indonesia," jelas Anna Fajriatin, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) kepada IDN Times.

Petugas akan menjemput sekitar 20 orang untuk setiap kloternya dari barak. Saat menunggu giliran, beberapa warga binaan bahkan mengintip dari tembok pembatas antara halaman dan barak mereka.

Pendamping yang bertugas mengarahkan proses Pemilu secara langsung juga tampak telaten. Mereka sigap menurunkan kotak suara hingga mengubah posisi bilik untuk mempermudah para warga binaan.

Dari segi dekorasi, TPS 54 dan 901 menghadirkan perpaduan warna merah muda dan putih yang terkesan manis. Di ruang tunggu, dibentangkan kain berwarna putih, serta dihiasi rumbai dan balon berwarna merah muda. Sementara itu, meja petugas KPPS didekorasi dengan kain berwarna senada.

Bahkan warga binaan yang sudah memilih bisa mengabadikan momen di spot foto berbentuk hati berwarna merah yang bertuliskan, "PEMILU CINTA DAMAI."

"Harapannya, apa pun (pilihannya), kita sangat cinta dengan negara kita. Insya allah kita mendukung dan men-support kegiatan untuk pemilu Indonesia," ungkap Anna soal alasan pemilihan tema Valentine.

Beberapa kali Anna, Kadinsos Surabaya menyapa warga binaan yang sudah selesai melakukan hak pilih. Tak sedikit yang tampil rapi dan merias diri demi menghadiri Pemilu kali ini.

"Saya memang bilang, jangan pakai kaos ya," ujar Anna.

Liponsos mengonfirmasi jika ada 476 DPT, mulai dari ODGJ hingga orang terlantar yang menggunakan hak pilihnya hari ini, pada Rabu (14/2/2024). Selain itu, ini pertama kalinya Liponsos menyediakan TPS untuk warga binaan mereka.

Baca Juga: Seleksi DPT ODGJ di Liponsos Rutin Diupdate hingga Coblosan

Aulia Supintou Photo Community Writer Aulia Supintou

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya