Profil Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono yang Resmi Gantikan Khofifah

Profil Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono gantikan Khofifah

Khofifah Indar Parawansa resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada 13 Februari 2024. Sebagai gantinya, Presiden Joko Widodo menunjuk Adhy Karyono sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jatim. Adhy Karyono sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jatim terhitung mulai 15 Juli 2022.

Berikut ini profil lengkap Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono.

1. Total Harta Kekayaan Adhy Karyono

Profil Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono yang Resmi Gantikan KhofifahSekdaprov Jatim, Adhy Karyono saat membuka Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap LPPD Tahun 2021 di Surabaya. kominfo.jatimprov

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2022 tanggal penyampaian 29 Maret 2023, total harta yang dilaporkan Adhy Karyono sebanyak Rp7,46 miliar Kekayaan tersebut meliputi aset tanah dan bangunan di Jakarta Timur, Garut, Depok dengan total Rp4,86 miliar Selanjutnya 1 buah mobil HRV tahun 2015 milik pribadi sebesar Rp140 juta.

Sementara harta bergerak lainnya Rp243 juta, surat berharga Rp893,25 juta kas dan setara kas Rp1,8 miliar lebih. Utang yang dilaporkan Adhy Karyono di LHKPN 2022 sebesar Rp484 juta.

2. Pendidikan Adhy Karyono

Profil Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono yang Resmi Gantikan KhofifahSekretaris Daerah Prov. Jatim Adhy Karyonosaat membuka Lokakarya Penyusunan Strategi Peta Jalan Klaster Penanggulangan Bencana Provinsi Jawa Timur di Surabaya. kominfo.jatimprov

Pria kelahiran 7 April 1971 ini menempuh pendidikan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Garut, Jawa Barat. Adhy menyelesaikan studi magisternya di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi.

3. Karier Adhy Karyono

Profil Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono yang Resmi Gantikan KhofifahGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melantik Adhy Karyono sebagai Sekdaprov Jatim 2022 lalu. kominfo.jatimprov

Adhy mengisi jabatan sebagai Sekdaprov Jatim yang kosong selama 2,5 tahun, yang sebelumnya diisi oleh pelaksana tugas. Sebelum dilantik menjadi Sekdaprov Jatim pada tahun 2022 lalu, Adhy Karyono pernah menduduki jabatan strategis di berbagai lembaga negara. Adhy menjadi satu-satunya Aparatur Sipil Negara (ASN) luar Jatim yang lolos seleksi Sekdaprov Jatim. Kandidat lainnya waktu itu Jumadi (Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim), dan Nurkholis (Kepala Dinas Energi Sumberdaya Mineral Provinsi Jatim).

Jabatan terakhir Adhy sebelum Sekdaprov Jatim adalah Staf Ahli Menteri Bidang Perlindungan dan Dinamika Sosial Kementerian Sosial (Kemensos). Ia juga pernah menjadi Staf Ahli Kemensos, Kabag Program dan Informasi Kemensos,
Kabag Program dan Pelaporan Kemensos, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos dan Kepala Biro Perencanaan Kemensos.

Baca Juga: DPRD Segera Kirim Nama Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono?

4. Sempat diperiksa KPK

Profil Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono yang Resmi Gantikan KhofifahSekdaprov Jatim, Adhy Karyono saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Gubernur Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD-MPU) Ke XXIII Kamis (16/3/2023). kominfo.jatimprov

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah memanggil Adhy sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi beras bantuan sosial di Kemensos periode 2020-2021. Diketahui, Adhy pernah menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan Kemensos tahun 2020.

Adhy juga pernah dipanggil KPK pada 2023 untuk mengklarifikasi dugaan kejanggalan harta kekayaannya saat menjadi Staf Ahli Menteri Bidang Perlindungan dan Dinamika Sosial Kemensos.

Baca Juga: Harta Sekda Jawa Timur Adhy Karyono Kembali Diklarifikasi KPK Hari Ini

dhafintya noorca Photo Community Writer dhafintya noorca

Life keeps on going and learning

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya