Video Menyanyi Tanpa Masker Viral, Wali Kota Blitar Meminta Maaf

Akan ikuti proses hukum yang berlangsung

Blitar, IDN Times - Wali Kota Blitar, Santoso meminta maaf terkait viralnya video menyanyi tanpa masker. Permintaan maaf ini disampaikan secara terbuka kepada seluruh masyarakat, di Gedung Pemkot Blitar. Santoso mengaku khilaf dengan perbuatannya tersebut, dan berterimakasih kepada masyarakat telah diingatkan. Selanjutnya Santoso berjanji akan mengikuti proses hukum yang berlaku.

1. Hanya melepas masker saat bernyanyi

Video Menyanyi Tanpa Masker Viral, Wali Kota Blitar Meminta MaafWalikota Blitar, Santoso saat memberikan keterangan pres. IDN Times/ istimewa

Menurutnya dalam syukuran usai pelantikan yang digelar Jumat (26/2/2021) lalu ini, semua yang hadir telah menjalani protokol kesehatan. Mereka mengenakan masker dan diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk gedung.

Tapi, karena diminta untuk menyanyi, maka masker yang dikenakan Santoso dilepas untuk memudahkan saat menyanyi. "Kegiatan yang dilakukan pada saat itu sebenarnya bentuk terima kasih saya kepada relawan yang membantu secara maksimal. Sehingga dalam kontestasi pilkada saya bisa sukses. Akhirnya mereka spontan mengundang saya. Saya kemudian diminta untuk nyanyi," ujarnya, Sabtu (13/3/2021).

2. Akui khilaf, kembali pakai masker usai bernyanyi

Video Menyanyi Tanpa Masker Viral, Wali Kota Blitar Meminta MaafGedung tempat berlangsungnya syukuran pelantikan walikota. IDN Times/ istimewa

Aksi Santoso menyanyi tanpa mengenakan masker tersebut kemudian menjadi viral. Dalam video itu sejumlah relawan maju dan saling berangkulan tanpa memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Orang nomor satu di jajaran Pemkot Blitar ini mengaku sadar dan telah diingatkan masyarakat Kota Blitar. Santoso menyadari, dengan melepas masker saat menyanyi merupakan bagian dari kekhilafannya.

"Saya sadar dan terima kasih sudah diingatkan. Itu bagian dari kekhilafan saya. Saya akui terlena suasana pada saat itu sehingga itu dipandang sebuah pelanggaran. Tapi setelah nyanyi, saya pakai masker lagi," tuturnya.

3. Relawan dinyatakan negatif berdasarkan hasil rapidtest antigen

Video Menyanyi Tanpa Masker Viral, Wali Kota Blitar Meminta MaafWalikota Blitar, Santoso saat memberikan keterangan pres. IDN Times/ istimewa

Meski sudah meminta maaf, Polres Blitar Kota telah memeriksa 10 orang saksi. Dua alat bukti telah dikumpulkan selama proses penyidikan berlangsung. Sebanyak 31 orang yang hadir dalam syukuran ini juga teah menjalani rapid test antigen. Hasilnya, mereka semua dinyatakan negatif.

"Protap yang dilakukan kepolisian silahkan berjalan. Karena mereka yang paham mereka yang tahu. Jadi saya sudah menyampaikan permintaan maaf, tapi kalau ada dugaan pelanggaran prokes silahkan diteruskan," pungkasnya.

Baca Juga: Walkot Blitar Menyanyi Tanpa Masker, Polisi Periksa 5 Saksi

4. Video menjadi viral dan diperbincangkan publik

Video Menyanyi Tanpa Masker Viral, Wali Kota Blitar Meminta MaafScereenshoot Santoso saat bernyanyi tanpa masker. IDN Times/ istimewa

Sebelumnya sebuah video yang memperlihatkan Santoso menyanyi tanpa mengenakan masker menjadi viral. Video dengan durasi 4 menit 28 detik ini merekam Santoso menyanyi lag dangdut berjudul kehilangan. Santoso juga menyawer tiga wanita berpakaian seksi di belakangnya dan seorang penyanyi lain, tanpa mengenakan sarung tangan. Sementara beberapa orang berkerumun berjoget di depan panggung. Sebagian ada yang memakai masker, namun lebih banyak tidak memakai atau melepasnya.

Baca Juga: Walkot Blitar Menyanyi Tanpa Masker, Polisi Periksa 5 Saksi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya