Upacara Adat Bersih Nagari Meriahkan Hari Jadi Tulungagung ke-816

Usung spirits semangat hadapi COVID-19

Tulungagung, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menggelar upacara adat Bersih Nagari. Upacara ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-816 Tulungagung. Upacara adat tersebut diselenggarakan setiap tanggal 18 November, sesuai dengan penanggalan dalam Prasasti Lawadan yang ditetapkan sebagai rujukan peringatan Hari Jadi Tulungagung.

1. Ada yang berbeda dengan Buceng Wadon

Upacara Adat Bersih Nagari Meriahkan Hari Jadi Tulungagung ke-816Upacara Adat Bersih Nagari di Kabupaten Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Dalam upacara ini dua buah tumpeng berukuran raksasa yang diberi nama Tumpeng Lanang dan Buceng Wadon diarak menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaningbongso. Tumpeng Lanang terdiri dari nasi kuning lengkap dengan aneka lauk pauk. Sedangkan Buceng Wadon berisi aneka buah buahan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Buceng Wadon yang diarak tahun ini murni menggunakan aneka buah dan sayuran produksi lokal. Setelah didoakan, biasanya kedua tumpeng ini dibawa ke luar pendopo dan menjadi rebutan masyarakat. Namun, karena pandemik, panitia meniadakan sesi rebutan ini. Kedua tumpeng tidak dibawa ke luar pendopo usai acara selesai.

2. Ajak masyarakat semangat di masa pandemik

Upacara Adat Bersih Nagari Meriahkan Hari Jadi Tulungagung ke-816Upacara Adat Bersih Nagari di Kabupaten Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menerangkan, tema yang diusung dalam peringatan Hari Jadi ini adalah "Kita Satukan Tekad Menghadapai COVID-19 Demi Tulungagung Tangguh dan Sehat". Karena masih dalam suasana pandemik, pelaksanaan acara ini tidak mengabaikan protokol kesehatan.

Jumlah tamu undangan yang hadir juga dikurangi hingga 50 persen. Para ASN menyaksikan jalannya upacara adat ini secara online di kantor mereka masing-masing. Rute arak-arakan juga dipersingkat. "Rute arak-arakan tumpeng juga kami perpendek. Jika biasanya dari halaman kantor pemkab menuju pendopo kali ini cukup dari gerbang depan pendopo saja," ujarnya, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Tempati Rumah Dinas, Wakil Bupati Tulungagung Gelar Upacara Boyongan

3. Berusaha tingkatkan capaian vaksinasi agar segera turun level

Upacara Adat Bersih Nagari Meriahkan Hari Jadi Tulungagung ke-816Upacara Adat Bersih Nagari di Kabupaten Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Upacara adat Bersih Nagari ini merupakan bentuk rasa syukur atas limpahan berkah yang selama ini didapatkan masyarakat. Melalui upacara adat, pemkab berharap Tulungagung akan semakin lebih baik pada tahun mendatang. Saat ini Tulungagung masih tertahan di Level 3 PPKM. Mereka terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi, agar segera bisa turun ke Level 2.

"Kita akan berupaya maksimal memenuhi capaian vaksinasi yang ditargetkan," pungkasnya.

Baca Juga: Melihat Budidaya Ular Piton yang Dilakukan Warga Tulungagung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya