Tempat Wisata di Tulungagung Rusak Disapu Angin Kencang

Sejumlah pohon juga dilaporkan roboh

Tulungagung, IDN Times - Angin kencang yang melanda di wilayah Tulungagung mengakibatkan sejumlah pohon dan bangunan mengalami kerusakan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung mencatat dampak buruk dari angin kencang yang melanda enam kecamatan. Sebuah lokasi wisata Asia Eropa Park di Desa Buntaran, Kecamatan Rejotangan juga mengalami kerusakan parah akibat dampak angin kencang ini. Nilai kerugian di lokasi wisata tersebut ditaksir mencaai puluhan juta rupiah.

1. Angin kencang berdampak di 6 Kecamatan

Tempat Wisata di Tulungagung Rusak Disapu Angin KencangTempat wisata di Tulungagung rusak terkena angin kencang. IDN Times/istimewa

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Tulungagung, Gilang Zelakusuma, menyatakan bahwa BPBD telah melakukan pemantauan secara intensif terhadap kejadian ini melalui berbagai media komunikasi seperti pesan WhatsApp, media sosial, dan radio komunikasi VHF. Angin kencang berdampak di enam Kecamatan diantaranya Rejotangan, Kalidawir dan Pucanglaban.

"Kami telah melakukan pemantauan terhadap wilayah-wilayah rawan bencana di Kabupaten Tulungagung melalui WhatsApp, media sosial, dan radio komunikasi VHF," ujarnya, Rabu (3/1/2023).

Baca Juga: Dinas Perpustakaan Tulungagung Simpan Manuskrip Kuno

2. BPBD terus lakukan pendataan

Tempat Wisata di Tulungagung Rusak Disapu Angin KencangTempat wisata di Tulungagung rusak terkena angin kencang. IDN Times/istimewa

Akibat angin kencang ini, sejumlah pohon di pinggir jalan roboh. Beberapa titik pohon roboh terpantau di di Desa Serut, Kecamatan Boyolangu, Jl. Pahlawan Desa Kedungwaru, Kecamatan Kedungwaru, Jl. Pahlawan di Desa Gendingan, Kecamatan Kedungwaru, dan halaman kantor Kelurahan Jepun, Kecamatan Tulungagung. Selain adanya laporan pohon tumbang, terdapat juga laporan kerusakan rumah warga dan lokasi wisata di Tulungagung.

"Kami sedang melakukan penilaian terhadap rumah-rumah yang terdampak, serta menghitung kerugian yang diderita oleh para korban," tuturnya.

3. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini

Tempat Wisata di Tulungagung Rusak Disapu Angin KencangTempat wisata di Tulungagung rusak terkena angin kencang. IDN Times/istimewa

Sementara itu, lokasi wisata Asia Eropa Park di Desa Buntaran, Kecamatan Rejotangan juga mengalami kerusakan parah akibat dampak angin kencang tersebut dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp50 juta. Kapolsek Rejotangan, AKP Kasianto menerangkan angin kencang datang dari arah timur. Sejumlah bangunan yang berada di tempat wisata tersebut roboh terkena hembusan angin.

"Namun, syukurlah tidak ada laporan korban jiwa atau luka-luka," pungkasnya.

Baca Juga: Angka Pengangguran di Tulungagung Meningkat

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya