Siaga 24 Jam, Polres Tulungagung Luncurkan Pos Digital Astuti

Bisa hubungi polisi melalui video call

Tulungagung, IDN Times - Polres Tulungagung meresmikan Pos Digital Astuti, Senin (6/4). Pos ini terletak di deretan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), di sebuah kawasan pusat perbelanjaan di Tulungagung.

Melalui pos digital ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi apapun terkait layanan kepolisian, tanpa harus mendatangi kantor. Layanan ini disebut yang pertama kali di Indonesia.

1. Pencet tombol, langsung terhubung dengan petugas jaga

Siaga 24 Jam, Polres Tulungagung Luncurkan Pos Digital AstutiKapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia saat mencoba Pos Digital Astuti, IDN Times/ istimewa

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia menegaskan, layanan pos digital ini bisa diakses 24 jam oleh masyarakat. Untuk menggunakannya, masyarakat bisa langsung memencet tombol yang tersedia. Nantinya mereka akan terhubung melalui layanan video call dengan petugas jaga di call center.

"Petugas kami siagakan selama 24 jam. Mereka siap untuk melayani masyarakat," tegas Pandia, Senin (6/4).

2. Masyarakat dapatkan ragam informasi

Siaga 24 Jam, Polres Tulungagung Luncurkan Pos Digital AstutiKapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia saat mencoba Pos Digital Astuti, IDN Times/ istimewa

Berbagai informasi seperti tata cara pembuatan SKCK, pelayanan SIM keliling, hingga informasi terbaru terkait COVID-19 bisa didapatkan masyarakat melalui pos digital ini. Penggunaan pos digital ini sangat disarankan, terutama di tengah pandemi corona. Masyarakat tidak perlu mendatangi Mapolres Tulungagung untuk mendapatkan informasi, sehingga risiko tertular COVID-19 berkurang.

"Ini sangat cocok digunakan, terlebih saat ini kita sedang menerapkan physical distancing. Tidak perlu bertatap muka langsung, tapi masyarakat tetap mendapat informasi," imbuh mantan Kasatlantas Polrestabes Surabaya tersebut.

Baca Juga: Polisi Perketat Penjagaan di Wilayah Perbatasan Tulungagung

3. Bisa digunakan selama 24 jam

Siaga 24 Jam, Polres Tulungagung Luncurkan Pos Digital AstutiMasyarakat mencoba layanan Pos Digital Astuti milik Polres Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pos Digital Astuti ini rencananya akan dibuat di beberapa titik keramaian. Saat ini baru terdapat di satu titik, yakni kawasan perbelanjaan saja. Melalui layanan ini diharapkan masyarakat bisa dimudahkan untuk mendapat informasi.

"Kami berharap masyarakat bisa menggunakan layanan ini dengan bijak," ucap alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 2000 tersebut.

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 di Tulungagung Bertambah 5 Orang

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya