Pilkada Tulungagung, 9 Tokoh Daftar di Partai Demokrat

Serahkan nama ke DPD untuk proses selanjutnya

Tulungagung, IDN Times - Sebanyak 9 tokoh telah mengebalikan berkas pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati ke DPC Partai Demokrat Tulungagung. Nama tersebut nantinya akan diserahkan ke DPD Partai Demokrat Jawa Timur untuk digodok dan dilakukan fit proper test. Beberapa nama tokoh yang mendaftar ke partai berlambang mercy ini diantaranya dr Kasil Rohmad, Maryoto Birowo, Gatut Sunu Wibowo, Bahrudin dan Muji Rahayu.

1. Penjaringan sudah dilakukan sebulan terakhir

Pilkada Tulungagung, 9 Tokoh Daftar di Partai DemokratKetua DPC Partai Demokrat Tulungagung, Sofyan Heryanto. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Ketua DPC Partai Demokrat Tulungagung Sofyan Heryanto mengatakan pihaknya sudah sebulan terakhir ini membuka penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati. Penjaringan ini resmi berakhir hari ini. Setelah itu mereka akan menyerahkan nama pendafar ke DPD Partai Demokrat Jawa Timur.

"Untuk rekom nanti yang menentukan tetap DPP, nantinya akan ada survey juga kepada para pendaftar ini," ujarnya, Senin (1/7/2024).

Baca Juga: Status Tanah di Tulungagung Bisa Diketahui Lewat Aplikasi Si-Trust

2. Tidak ada kader Demokrat yang mendaftar

Pilkada Tulungagung, 9 Tokoh Daftar di Partai DemokratProses penjaringan di DPC Partai Demokrat Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Tidak ada nama kader Partai Demokrat yang ikut mendaftar penjaringan ini. Menurut Sofyan pihaknya cukup sadar diri dalam Pilkada tahun ini. Mereka hanya mendapatkan 3 kursi di DPRD Tulungagung pada Pemilu lalu. Jumlah ini tentunya tidak cukup untuk mengangkat calon sendiri. Terlebih dalam 3 pelaksanaan Pilkada sebelumnya calon yang diusung Partai Demokrat selalu kalah. "Kita belajar dari Pilkada sebelumnya dan sadar diri, dengan jumlah kursi yang ada kita membidik posisi Wakil Bupati," tuturnya.

3. Bangun komunikasi dengan parpol lain untuk koalisi

Pilkada Tulungagung, 9 Tokoh Daftar di Partai DemokratProses penjaringan di DPC Partai Demokrat Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Komunikasi antar partai juga masih terus dilakukan. Mereka membangun komunikasi untuk keperluan koalisi di Pilkada. Beberapa partai sudah menjalin komuikasi dengan Demokrat. Meski begitu koalisi tersebut belum selesai. "Nanti dalam waktu dekat akan kita deklarasikan kolaisi ini, hingga saat ini proses komunikasi antar partai masih berjalan," pungkasnya.

Baca Juga: Tenggak Oplosan, 2 Warga Jember Tewas di Tulungagung

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya