Pesawat Pertama Mendarat di Kediri Disambut Tradisi Water Salute

Angkut 178 penumpang

Kediri, IDN Times - Tradisi water salute menyambut pendaratan pertama di Bandara Internasional Dhoho Kediri. Pesawat komersil milik maskapai Citilink dengan kode penerbangan QG 752 dari Bandara Soekarno Hatta tiba pada pukul 09.40 WIB dan disambut dengan water salute. Untuk diketahui, water salute merupakan tradisi penyambutan pesawat yang mendarat untuk pertama kalinya di sebuah bandara baru. Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan untuk mereka yang hendak melakukan penerbangan pertama di sebuah bandara.

1. Penumpang mendarat dapat kalungan bunga

Pesawat Pertama Mendarat di Kediri Disambut Tradisi Water SalutePenumpang mendapat kalungan bunga. IDN Times/ Istimewa

Total terdapat 178 penumpang dalam pesawat tersebut. Mereka berangkat dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta pukul 08.10 WIB. Pendaratan perdana ini berjalan mulus dan sesuai jadwal. Sejumlah penumpang mendapat kalungan bunga dari Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana sebagai ucapan selamat datang.

Baca Juga: Warga Antusias Sambut Beroperasinya Bandara Dhoho Kediri

2. Layani penerbangan 2 kali seminggu

Pesawat Pertama Mendarat di Kediri Disambut Tradisi Water SalutePesawat usai mendarat di Bandara Kediri. IDN Times/ istimewa

Dalam sambutannya, Bupati yang akrab disapa Mas Dhito ini mengaku senang dengan beroperasinya bandara tersebut. Bandara tersebut dibangun dengan standar internasional, dengan landasan pacu sepanjang 3.300 meter dan lebar 45 meter, mampu menampung pendaratan pesawat jet berbadan lebar. Untuk sementara bandara ini akan melayani penerbangan dengan rute Jakarta-Kediri- Jakarta setiap hari Selasa dan Sabtu.

"Untuk maskapai lain jangan sampai menyesal kalau tidak segera membuka rute penerbangan di bandara ini," ujarnya, Jumat (05/04/2024).

3. Harap perekonomian warga ikut meningkat

Pesawat Pertama Mendarat di Kediri Disambut Tradisi Water SaluteSuasana Bandara Internasional Dhoho Kediri. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sejumlah infrastruktur juga akan ditambah untuk melayani penumpang. Salah satunya akses menuju jalur tol yang akan segera dibangun. Dengan beroperasinya bandara inias Dhito berharap perekonomian warga juga akan meningkat.

"Diharapkan pertumbuhan ekonomi warga juga meningkat seiring dengan beroperasinya bandara, " pungkasnya.

Baca Juga: Bandara Dhoho Kediri Siap Beroperasi!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya