Masa Jabatan Berakhir, DPRD Kota Kediri Usulkan Pj Wali Kota

3 nama diusulkan menjadi Pj Wali Kota

Kediri, IDN Times - DPRD Kota Kediri telah mengusulkan tiga nama yang akan mengisi posisi Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri. Usulan ini dilakukan mengingat masa jabatan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar akan berakhir pada 3 November mendatang. Selain itu pria yang biasa disapa Mas Abu ini juga akan maju dalam Pileg 2024 untuk DPRD Provinsi Jawa Timur.

1. Diusulkan melalui mekanisme rapat paripurna

Masa Jabatan Berakhir, DPRD Kota Kediri Usulkan Pj Wali KotaWalikota Kediri, Abdullah Abu Bakar. IDN Times/ dok humas Pemkot Kediri

Ketua DPRD Kota Kediri, Gus Sunoto mengatakan usulan ini sudah disepakati melalui rapar paripurna. 3 nama yang diusulkan ini adalah Asisten Umum Kota Kediri Fery Djatmiko, Sekretaris DPRD Kota Kediri Rahmad Hari Basuki dan Kepala Direktur RSUD Karsa Husada Batu dr. Rizal. Nama tersebut sudah dikirimkan ke Gubernur Jawa Timur dan Kemendagri.

"Rapat paripurna sudah kita lakukan dan kita mengusulkan 3 nama untuk menduduki jabatan Pj Wali Kota Kediri," ujarnya, Jumat (06/10/2023).

Baca Juga: Sumur Warga Kediri Tercemar karena Kebocoran Pipa BBM SPBU

2. Fraksi usulkan sejumlah nama

Masa Jabatan Berakhir, DPRD Kota Kediri Usulkan Pj Wali KotaWali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Ketua DPRD Kota Kediri, Gus Sunoto. IDN Times/ istimewa

Dalam prosesnya, setiap fraksi berhak mengusulkan nama untuk menjadi Pj Wali Kota. Muncul sejumlah nama dalam proses tersebut. Diantarnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Anang Kurniawan, Kepala Bappeda Chevy Ning Suyudi, Sekda Pemkot Kediri Bagus Alit, Asisten Umum Kota Kediri Fery Djatmiko, Sekretaris DPRD Kota Kediri Rahmad Hari Basuki dan Kepala Direktur RSUD Karsa Husada Batu dr. Rizal. Dari sejumlah nama itu kemudian tersaring menjadi 3 orang.

"Ada tiga nama diusulkan yakni Rahmat Hari Basuki yang menjabat Sekretariat DPRD tadi mendapat 6 dukungan suara. Muhammad Rizal mendapat 6 dukungan suara, dan Ferry Djatmiko mendapat 3 usulan suara," tuturnya.

3. Semuanya miliki peluang yang sama

Masa Jabatan Berakhir, DPRD Kota Kediri Usulkan Pj Wali KotaWalikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, IDN Times/ istimewa

Menurut Gus Sunoto, daftar tiga nama tersebut memiliki kapabilitasnya masing-masing. Mereka memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi Pj Wali Kota Kediri menggantikan Abdullah Abu Bakar. Selanjutnya proses pemilihan Pj Wali Kota akan berlangsung sesuai dengan prosedur. Nantinya pihak Pemprov Jatim juga akan mengirim usulannya. "Semuanya sama sama memiliki kesempatan," pungkasnya.

Baca Juga: Siswi Kediri Lolos Paskibraka Nasional, Bupati Kediri Hadiahkan Ini

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya