Dinkes Tulungagung Rujuk Puluhan ODGJ ke RSJ Lawang

Jalani perawatan dan pengobatan

Tulungagung, IDN Times - Puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Tulungagung dirujuk ke RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat, Lawang, Malang. Mereka akan menjalani perawatan dan pengobatan di rumah sakit tersebut. Angka kasus ODGJ di Tulungagung sendiri terus mengalami peningkatan. Mereka yang dirujuk ke RSJ tersebut sebelumnya sudah menjalani pemeriksaan oleh tim.

1. Terdapat 2.327 ODGJ di Tulungagung

Dinkes Tulungagung Rujuk Puluhan ODGJ ke RSJ LawangSekertaris Dinas Kesehatan Tulungagung, Anna Sapti Saripah. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sekertaris Dinas Kesehatan Tulungagung, Anna Sapti Saripah mengatakan total angka kasus ODGJ serbanyak 2.327 orang. Untuk langkah penanganan mereka merujuk sejumlah pasien ODGJ guna mendapat perawatan di RSJ. Sebanyak 40 pasien dirujuk ke RSJ Lawang.

"Sebelumnya pada minggu lalu kita juga merujuk 38 pasien ODGJ ke RSJ Lawang, ini sudah kedua kalinya," ujarnya, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: Tenggak Oplosan, 2 Warga Jember Tewas di Tulungagung

2. Terima aduan masyarakat tiap hari

Dinkes Tulungagung Rujuk Puluhan ODGJ ke RSJ LawangODGJ di Tulungagung saat hendak dirujuk ke RSJ Lawang. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Anna mengakui hampir setiap hari mereka menerima aduan dari masyarakat tentang perilaku ODGJ yang dinilai meresahkan. Selain itu beberapa kejadian juga menyebabkan jatuhnya korban. Terakhir seorang ASN meninggal dunia setelah dianiaya oleh ODGJ.

"Salah satu upaya meredam hal tersebut adalah dengan memfasilitasi pengobatan mereka, termasuk merujuknya ke RSJ," tuturnya.

3. Beberapa ODGJ masuk kategori klas 1

Dinkes Tulungagung Rujuk Puluhan ODGJ ke RSJ LawangODGJ di Tulungagung saat hendak dirujuk ke RSJ Lawang. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu Kepala IGD RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat, Lawang, dr Alfian Reddy mengatakan sebelumnya pihaknya sudah melakukan asesment terhadap para ODGJ tersebut. Beberapa ODGJ masuk kategori berat klas 1. Mereka akan langsung mendapat perawatan di IGD setelah sampai di RSJ Lawang. Tim dokter juga sudah disiapkan untuk merawat para ODGJ ini.

"Untuk lama perawatan dan pengobatan nanti menunggu tim dokter, rata-rata selama dua minggu, setelah itu mereka bisa pulang," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Gugat Hasil PPDB Zonasi di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya