Comscore Tracker

Bobol Akun Shopee dan BRI, Warga Sumsel Ditangkap Polres Trenggalek

Mengaku sebagai karyawan Shopee

Trenggalek, IDN Times - Satreskrim Polres Trenggalek mengungkap kasus pembobolan akun marketplace Shpee dan mobile banking BRI, yang dilakukan oleh Yoppy (22) warga Kecamatan Cangal, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Tersangka berhasil membobol akun milik dua korban warga Kecamatan Tugu dan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Polisi menyita barang bukti berupa uang sisa hasil kejahatan dan handphone dari tangan tersangka.

1. Tawarkan cashback Rp2 Juta kepada korban

Bobol Akun Shopee dan BRI, Warga Sumsel Ditangkap Polres TrenggalekPolisi tunjukkan barang bukti , IDN Times/ istimewa

Kapolres Trenggalek, AKBP Dwiasi Wiyatputera menerangkan, dalam menjalankan aksinya tersangka menggunakan modus karyawan Shopee. Tersangka menghubungi korban mengaku sebagai karyawan Shopee dan menawarkan hadiah cashback Rp2 juta. Hadiah ini akan ditransfer setelah korban mengirimkan nomor One Time Paswosword (OTP) akun Shoppe serta BRI Mobile yang dikirim melalui SMS.

"Karena bujuk rayu tersangka korban tidak sadar dan mengirimkan OTP akun Shoope dan BRI Mobile ke tersangka,"ujarnya, Jumat (28/01/2022).

2. Lakukan belanja hingga pinjaman online

Bobol Akun Shopee dan BRI, Warga Sumsel Ditangkap Polres TrenggalekTersangka pembobol akun marketplace saat dirilis Satreskrim Polres Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Setelah berhasil mendapatkan kode OTP korban, tersangka dengan leluasa melakukan transaksi pembelian, penarikan uang tunai hingga peminjaman online. Korban yang merasa tertipu kemudian melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib. Polisi kemudian melakukan serangkaian proses penyidikan, dan menemukan pelaku merupakan warga Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Mereka lalu menghubungi polisi setempat untuk membantu penangkapan terhadap tersangka.

"Dalam kasus ini korban mengalami kerugian hingga Rp20 juta," tuturnya.

Baca Juga: Shopee: Pajak Digital Tidak Pengaruhi Harga Barang 

3. Sudah 2 bulan menjalankan aksinya

Bobol Akun Shopee dan BRI, Warga Sumsel Ditangkap Polres TrenggalekPolisi tunjukkan barang bukti , IDN Times/ istimewa

Sementara itu tersangka mengaku telah menjalankan aksinya selama dua bulan terakhir ini. Pelaku mengetahui nomor telpon korban dengan cara mengacak akun Shoppe dan memasukkan metode lupa password. Seteah itu tersangka menghubungi korban dan mengaku sebagai karyawan Shoppe. "Saya menghubungi korban saat berlangsung program promo 12.12 sehingga korban percaya," pungkasnya

Baca Juga: OJK: Ada Sanksi Jika Oknum Bank Terlibat Kasus Pembobolan Bank Rp14 T

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya