Video Boleh Tukar Pasangan, Polisi Blitar Tegaskan Hanya Gimmick

Viral di media sosial

Blitar, IDN Times - Sejak dua hari terakhir, dunia maya dihebohkan dengan video diduga aliran sesat yang mengizinkan jamaahnya bertukar pasangan. Dalam video ini juga menjelaskan proses pernikahan sah dilakukan meski tanpa ijab kabul. Video tersebut diduga diproduksi di wilayah Blitar. Polisi sendiri telah melakukan penyelidikan terkait video yang meresahkan masyarakat ini.

1. Sengaja dibuat untuk kebutuhan konten Samsudin

Video Boleh Tukar Pasangan, Polisi Blitar Tegaskan  Hanya GimmickKapolres Blitar AKBP Wiwit Adi Satria. IDN Times/ istimewa

Kapolres Blitar, AKBP Wiwit Adisatria membenarkan bahwa video ini merupakan konten yang dibuat oleh Samsudin, atau yang lebih dikenal sebagai Gus Samdudin, pemilik Padepokan Nur Dzat Sejati di Blitar. Pria ini tenar setelah perselisihan dengan pesulap merah mengundang komentar warganet beberapa tahun lalu.

Konten tersebut dibuat di wilayah Jawa Barat. Polres Blitar sudah memintai keterangan terhadap Samsudin. Dirinya pun mengakui bahwa video itu dibuat hanya untuk konten sebagai upaya menaikkan penontonnya di YouTube. Samsudin sengaja membuat konten fiktif dengan tujuan agar dirinya menjadi terkenal. “Jadi saya sampaikan untuk video viral yang dilakukan Samsudin itu ada hal yg harus saya tegaskan pertama bahwa video itu dibuat hanya untuk menaikkan subciber yang bersangkutan, kedua pengobatan itu tidak ada, fiktif belaka,” ujarnya, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Izin Pengobatan di Pondok Gus Samsudin di Blitar Telah Dicabut Dinkes

2. Sudah datangi Samsudin untuk klarifikasi

Video Boleh Tukar Pasangan, Polisi Blitar Tegaskan  Hanya GimmickScreenshoot video pernikahan tanpa ijab kabul yang viral. IDN Times/ istimewa

Polisi sendiri tidak akan tinggal diam terkait video yang meresahkan masyarakat tersebut. Pihaknya telah mendatangi Samsudin atau yang terkenal dengan sebutan Gus Din, untuk klarifikasi. Hasilnya, Samsudian mengakui kesalahannya dan siap untuk memberikan klarifikasi terkait video aliran sesat bertukar pasangan. Jika Samsudin tidak membuat klarifikasi, maka Polres Blitar bakal melanjutkan proses hukumnya.

“Deskripsi video di bawah ada disclaimer-nya ini agak culas dan meresahkan yang bersangkutan pagi ini berjanji membuat klarifikasi terkait video itu karena ini meresahkan,” tegasnya.

3. Tunggu Samsudin buat video permintaan maaf

Video Boleh Tukar Pasangan, Polisi Blitar Tegaskan  Hanya GimmickScreenshoot video pernikahan tanpa ijab kabul yang viral. IDN Times/ istimewa

Ditanya soal proses hukum lanjutan, Wiwit masih akan menunggu janji dari Samsudin membuat klarifikasi. Jika tidak ada klarifikasi maka pihaknya akan mengambil sikap tegas terhadap kasus ini. “Perlu kedewasaan untuk yang melihat atau yang membuat tidak perlu membuat konten yang meresahkan untuk meningkatkan follower. Ini perlu kedewasaan dari konten kreator maupun masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Wanita Meninggal di Pondok Gus Samsudin, Kata Polisi Tak Ada Kekerasan

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya