Satu JCH 2024 Asal Tulungagung Batal Berangkat karena Sedang Hamil

Usia kandungan sudah 4 bulan

Tulungagung, IDN Times - Seorang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tulungagung batal berangkat ke tanah suci. Jemaah perempuan tersebut diketahui dalam kondisi hamil 4 bulan.

Tim medis tidak berani memberikan vaksin polio kepada jemaah tersebut karena khawatir akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Jemaah ini akan berangkat ke tanah suci tahun depan.

1. Total 1.200 JCH berangkat tahun ini

Satu JCH 2024 Asal Tulungagung Batal Berangkat karena Sedang HamilSuasana pelepasan Jemaah Calon Haji asal Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Kantor Kemenag Tulungagung, Mohammad Nasyim mengatakan, tahun ini terdapat 1200 JCH yang akan berangkat ke tanah suci. Mereka terbagi dalam 5 kloter berbeda.

Sebanyak 5 jemaah tergabung dalam kloter 72 bergabung dengan jemaah asal Bali. Mereka akan diberangkatkan pada 30 Mei mendatang.

"Lainnya bergabung dengan kloter 89, 90 dan 91 embarkasi Surabaya berangkat pada 4 Juni, dan ada 98 jemaah bergabung dengan kloter 92 bersama jemaah asal Surabaya, mereka berangkat 5 Juni," ujarnya, Selasa (28/05/2024).

Baca Juga: Kisah Sepasang Guru Agama Asal Jombang, Naik Haji dari Hasil Prestasi

2. 90 Jemaah termasuk kategori risiko tinggi

Satu JCH 2024 Asal Tulungagung Batal Berangkat karena Sedang HamilSuasana pelepasan Jemaah Calon Haji asal Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Saat disinggung mengenai kondisi JCH saat ini, Nasyim menerangkan secara umum kondisi kesehatan mereka cukup baik. Terdapat 90 jemaah berusia lanjut yang termasuk kategori risiko tinggi.

Mereka dinyatakan siap dan bisa berangkat haji tahun ini. Selain itu terdapat JCH perempuan yang batal berangkat. Jemaah tersebut diketahui tengah hamil 4 bulan.

"Jadi salah satu syarat berangkat haji adalah mendapatkan suntikan vaksin polio, nah tim kesehatan tidak berani memberikan vaksin polio karena khawatir berpengaruh ke perkembangan janin, karena itu yang bersangkutan batal berangkat tahun ini, meski begitu jemaah ini menjadi prioritas berangkat haji tahun depan," tuturnya.

3. 161 ASN cuti untuk ibadah haji

Satu JCH 2024 Asal Tulungagung Batal Berangkat karena Sedang HamilSuasana pelepasan Jemaah Calon Haji asal Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno menjelaskan terdapat 161 ASN yang berangkat haji tahun ini. Mereka sudah mengurus cuti untuk keperluan tersebut.

Sesuai peraturan mereka mendapatkan cuti selama 40 hari. Pihak Pemkab sendiri sudah menyiapkan Plt untuk mengisi kekosongan jabatan yang mereka tinggalkan.

"Nanti akan ada Plt yang menggantikan tugasnya selama yang bersangkutan menjalankan ibadah haji," pungkasnya.

Baca Juga: Jurnalis Surabaya Gelar Aksi Teatrikal Tolak RUU Penyiaran

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya