Puluhan Desa di Tulungagung Tak Capai Target Imunisasi Anak

Dinkes kejar target 100 persen

Tulungagung, IDN Times - Puluhan desa di Kabupaten Tulungagung belum memenuhi target selama pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Program ini telah berlangsung sejak bulan Agustus lalu dan ditargetkan tuntas selama 1 bulan. Berdasarakan hasil evaluasi, terdapat sejumlah kendala yang menyebabkan capaian pemberian imunisasi ini belum mencapai 100 persen.

1. 36 Desa belum penuhi target

Puluhan Desa di Tulungagung Tak Capai Target Imunisasi AnakPetugas menyiapkan suntikan imunisasi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmad mengatakan total sasaran dalam program ini sebanyak 55.791 anak. Mereka usia mulai 9 hingga 59 bulan. Saat ini capaian pemberian imunisasi telah mencapai 97 persen. Capaian ini telah melebihi dari target yang dibebankan sebesar 95 persen. Meskipun begitu mereka tetap ingin mengejar capaian imunisasi hingga 100 persen. "Meskipun capaian kita telah melebihi target tapi kita tetap menginginkan bisa mencapai 100 parsen dari sasaran yang telah ditetapkan," ujarnya, Selasa (20/09/2022).

Baca Juga: Diduga Pakai Narkoba, Polisi di Tulungagung Ditahan

2. Ini kendala selama proses pemberian imunisasi

Puluhan Desa di Tulungagung Tak Capai Target Imunisasi AnakKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmad. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Dari hasil evaluasi yang dilakukan, terdapat 36 desa yang masih belum memenuhi target capaian imunisasi. Sejumalah kendala ditemukan selama proses pemberian imunisasi berlangsung. Diantaranya faktor luasan wilayah dan pemahaman terkait pentingnya imunisasi diberikan. Menurut Kasil terdapat satu wilayah yang menolak diberikan imunisasi bagi anaknya. "Ini yang kita dalami, ternyata ada yang belum memahami pentingnya imunisasi ini," tuturnya.

3. Gandeng stakeholder untuk penuhi target

Puluhan Desa di Tulungagung Tak Capai Target Imunisasi AnakPemberian imunisasi di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Untuk mencapai target imunisasi 100 persen ini, pihak Dinas Kesehatan akan menggandeng sejumlah stakeholder guna melakukan sosialisasi. Selain itu desa yang belum memenuhi target akan digenjot lagi sehingga jumlah anak yang diimunisasi dapat bertambah. "Kita akan fokus mengejar target imunisasi 100 persen hingga akhir bulan ini, kita optimis bisa," pungkasnya.

Baca Juga: Intip 5 Daya Tarik Pantai Gemah, Wisata Segoro Kidul di Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya