Penyelundupan Narkoba di Lapas Kediri Digagalkan Petugas

Aksi terekam kamera CCTV

Kediri, IDN Times - Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kediri di Jawa Timur berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang terlarang yang diduga narkotika jenis sabu.

Barang tersebut dilempar dari luar lapas. Polisi masih melakukan penyelidikan berdasarkan rekaman kamera CCTV aksi penyelundupan narkoba ini.

1. Dua orang mencurigakan terekam CCTV

Penyelundupan Narkoba di Lapas Kediri Digagalkan PetugasPetugas Lapas Klas II A Kediri melakukan pengawasan melalui CCTV. IDN Times/ istimewa

Plt Kalapas Kediri Budi Ruswanto mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis sekitar pukul 11.35 WIB. Petugas operator pengawasan CCTV di ruang kontrol room sedang melaksanakan pengawasan di sekitar blok dan lingkungan lapas.

Mereka melihat dua orang tak dikenal dengan sepeda motor merek Honda Vario putih berperilaku mencurigakan. Tak lama kemudian, orang-orang tersebut melemparkan dua bungkusan plastik hitam dari luar tembok ke dalam area Lapas.

"Mereka langsung melaporkan kejadian ini kepada petugas lain," ujarnya, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga: Ze Valente Dipastikan Masih Berseragam Persik Kediri Musim Depan

2. Barang tersangkut di kawat berduri

Penyelundupan Narkoba di Lapas Kediri Digagalkan PetugasPelaku pelemparan paket narkoba ke Lapas Klas II A Kediri. IDN Times/ istimewa

Petugas langsung melakukan pengecekan dan menemukan bungkusan yang dilempar tersebut tersangkut di atas atap kawat berduri. Mereka segera mengamankan barang ini dan berkoordinasi dengan Satresnarkoba Polres setempat.

Saat dibuka, bungkusan tersebut ternyata berisi serbuk kristal yang diduga adalah sabu. "Kasus selanjutnya ditangani oleh Satresnarkoba Polres Kediri Kota," tuturnya.

3. Tingkatkan kewaspadaan melalui patroli rutin

Penyelundupan Narkoba di Lapas Kediri Digagalkan PetugasBenda yang dilempar ke dalam Lapas Klas II A Kediri. IDN Times/ istimewa

Pihak lapas terus melakukan upaya peningkatan kewaspadaan untuk mengantisipasi masuknya barang terlarang. Selain meningkatkan patroli, mereka juga memasang kamera CCTV di beberapa titik strategis.

"Keberhasilan ini berkat upaya disiplin deteksi dini dan patroli rutin back to basic di sekitar area lapas. Ini adalah bukti komitmen kami dalam menjaga Lapas Kediri tetap bersih dari narkotika dan barang terlarang lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Evan Dimas Menjadi Rekrutan Pertama Persik Kediri Musim ini

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya