Pencarian Nelayan yang Hilang di Blitar Diperpanjang Dua Hari

Delapan nelayan belum ditemukan

Trenggalek, IDN Times - Pos Badan SAR Nasional (Basarnas) Trenggalek memutuskan perpanjangan pencarian nelayan yang hilang di Pantai Gayasan Blitar. Operasi pencarian terhadap delapan nelayan asal Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek ini diperpanjang selama dua hari. Sesuai prosedur, seharusnya proses pencarian dihentikan di hari ke-7. Namun terdapat sejumlah alasan mengapa operasi pencarian dilanjutkan.

Baca Juga: Nelayan Pantai Prigi Berdoa Berharap 8 Korban Hilang Ditemukan

1. Basarnas pusat setujui pencarian diperpanjang

Pencarian Nelayan yang Hilang di Blitar Diperpanjang Dua HariKoordintor Pos Basarnas Trenggalek, Yoni Fariza. IDN Times/ istimewa

Koordinator Pos Basarnas Trenggalek Yoni Fariza mengatakan, pelaksanaan operasi pencarian terhadap delapan nelayan dari KM Mandala seharusnya berakhir kemarin. Namun karena ada permintaan perpanjangan dari Kepala Desa Tasikmadu untuk perpanjangan, akhirnya mereka berkisim surat ke Basarnas pusat. "Hasilnya, perpanjangan operasi pencarian akan dilakukan selama dua hari ke depan," ujarnya, Kamis (14/09/2023).

2. Posisi korban sempat terlihat namun hilang lagi

Pencarian Nelayan yang Hilang di Blitar Diperpanjang Dua HariTim SAR gabungan persiapan melakukan operasi pencarian. IDN Times/ istimewa

Yoni menjelaskan, pertimbangan perpanjangan operasi pencarian dilakukan karena dua faktor, yakni, sampai saat ini semua korban yang hilang belum dapat ditemukan. Selain itu, dua hari lalu sempat muncul tanda-tanda keberadaan korban, namun saat dikejar sudah hilang lagi. "Dua faktor inilah yang menjadi dasar kami melakukan perpanjangan operasi pencarian," jelasnya.

3. Cuaca menjadi kendala proses pencarian

Pencarian Nelayan yang Hilang di Blitar Diperpanjang Dua HariTim SAR gabungan persiapan melakukan operasi pencarian. IDN Times/ istimewa

Cuaca menjadi kendala selama proses pencarian korban. Dalam beberapa hari terakhir perairan selatan Jawa mengalami kabut serta terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Hal inilah yang membuat tim SAR Gabungan kesulitan dalam melakukan proses pencarian. Tim SAR Gabungan juga melakukan pemantauan di beberapa titik wilayah daratan. "Radius pencarian kami perluas. Dari TKP radius pencarian mencapai 16 hingga 20 nautikamill (NM) ke arah barat," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah kapan nelayan asal Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek karam di perairan Pantai Gayasan, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar pada Rabu (06/09/2023) lalu. Terdapat 23 nelayan asal Trenggalek yang menjadi korban. Dimana 15 nelayan berhasil selamat, sedangkan delapan nelayan masih dinyatakan hilang.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Delapan Nelayan asal Trenggalek Hilang di Pantai Blitar

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya