Lapas Kediri Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu Lewat Kepala Ikan

Berat sabu capai 9,60 gram

Kediri, IDN Times - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2A Kediri menggagalkan upaya penyelundupan sabu. Barang haram tersebut dimasukkan dalam kepala ikan yang sudah dimasak menjadi sayur. Pelaku bernama Bambang Agus Wahyudi, warga Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri berhasil disita. Sedangkan dua orang yang menyuruh pelaku saat ini masih dalam pengejaran petugas.

1. Sebanyak tiga paket sabu dimasukkan ke kepala ikan

Lapas Kediri Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu Lewat Kepala IkanLapas Klas 2A Kediri. IDN Times/ istimewa

Kepala Lapas Kediri, Hanafi mengatakan, aksi pelaku ini dilakukan pukul 11.00 WIB. Saat itu, pelaku mengirim sayur kepala ikan untuk seorang narapidana. Namun, petugas mencurigai kiriman tersebut sebelum masuk dalam mesin x-ray. Saat dilakukan pemeriksaan mereka menemukan 3 paket sabu dengan berat total mencapai 9,60 gram yang dimasukkan dalam tiga kepala ikan dalam sayur tersebut.

“Jadi ini sudah kita antisipasi berdasarkan deteksi dini saya. Lalu kita perintahkan tim untuk terus melakukan pengawasan di luar. Kita cek semuanya bahkan sebelum masuk mesin x-ray,” ujarnya, Rabu (14/6/2023).

3. Minta bantuan Polwan untuk menggeledah pengunjung perempuan

Lapas Kediri Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu Lewat Kepala IkanPelaku upaya oenyelundupan sabu di Lapas Kediri saat dihadirkan. IDN Times/ istimewa

Hanafi tak menampik adanya dugaan narkoba yang lolos masuk ke dalam Lapas. Namun pihaknya berbenah dengan merubah sistem keamanan. Salah satunya memperketat pemeriksaan barang yang masuk sebelum masuk ke mesin x-ray. Selain itu mereka juga akan meminta bantuan Polwan untuk melakukan penggeledahan lebih rinci terhadap pengunjung perempuan. Hal ini berdasarkan temuan adanya kondom di dalam Lapas yang diduga menjadi media untuk memasukkan barang terlarang.

“Saya sering menemukan kondom. Jadi memang kondom ini tidak terdeteksi untuk bisa diperiksa di kita. Maaf bukan ini porno, tapi ini barang terlarang. Saya memeriksanya ini bisa pelanggaran HAM. Saya sudah koordinasi dengan Kasatnarkoba akan minta bantuan Polwan dan bagian kesehatan untuk memeriksa itu,” jelasnya.

3. Pelaku mengaku disuruh dua orang

Lapas Kediri Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu Lewat Kepala IkanPelaku upaya penyelundupan sabu di Lapas Kediri saat dihadirkan. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Kasatnarkoba Polres Kediri Kota, AKP Ipung Hariyanto menerangan berdasarkan pemeriksaan pelaku mengaku disuruh oleh dua orang untuk membawa sayur ke dalam Lapas. Pelaku sudah 10 kali melakukan permintaan dari dua orang yang saat ini berstatus buron tersebut. Setiap disuruh, pelaku mendapatkan imbalan Rp 300 ribu. Belum diketahui apakah upaya penyelundupan sabu yang digagalkan sebelumnnya adalah kiriman pelaku.

Polisi masih akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pihaknya juga tengah melakukan pengejaran terhadap dua bos Bambang yang kabur. Termasuk memeriksa napi yang dituju di dalam lapas. “Bosnya kita masih kejar, sementara napi yang di dalam kita jadikan saksi dulu, kita lakukan pemeriksaan sesuai keterangan yang sudah kita amankan ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Lapas Tulungagung Gagalkan Dua Kali Penyelundupan Sabu

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya