Komitmen Kota Kediri jadi Kota Toleran

Masuk 10 kota toleran di Indonesia

Kediri, IDN Times - Kota Kediri berhasil mempertahankan predikat kota toleran dalam 4 tahun berturut-turut. Di wilayah Jawa Timur hanya Kota Kediri yang masuk dalam 10 besar kota toleran di Indonesia. Kota Kediri berada di peringkat ketujuh. Meski secara peringkat mengalami penurunan dibanding tahun kemarin, namun nilainya naik. Tahun lalu Kota Kediri berada di peringkat 5 sedangkan tahun ini peringkat 7. Predikat ini menunjukkan Kota Kediri berkomitmen dalam menjaga dan menjunjung tinggi toleransi.

1. Bertekad mempertahankan dan memperbaiki kekurangan

Komitmen Kota Kediri jadi Kota ToleranPj Walikota Kediri, Zanariah saat menerima penghargaan kota toleran. IDN Times/ istimewa

Pj Wali kota Kediri, Zanariah hadir langsung dan menerima penghargaan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Zanariah mengaku bersyukur berhasil mempertahankan predikat Kota Paling Toleran empat tahun berturut-turut. Menurutnya Kota Kediri sebagai Kota Paling Toleran ini harus terus dijaga bersama-sama semua pihak.

"Terima kasih kepada Setara Institute. Penghargaan ini bisa didapat bukan karena kerja saya sendiri atau karena sebagai penjabat wali kota, tugas kami mempertahankan dan memperbaiki. Ini kerja tim dari seluruh stakeholder di Kota Kediri," ujarnya, Rabu (31/01/2024).

Baca Juga: Gak Ada Medan, Ini 10 Kota Paling Toleran di Indonesia

2. Hasil evaluasi akan dijadikan perbaikan

Komitmen Kota Kediri jadi Kota ToleranPj Walikota Kediri, Zanariah saat menerima penghargaan kota toleran. IDN Times/ istimewa

Zanairah juga berkomitmen menjaga Kota Kediri dalam hal toleransi. Pihaknya akan melihat apa saja yang masih dapat ditingkatkan untuk menjaga toleransi di Kota Kediri. Kota Kediri serius dalam menangani isu ini karena punya potensi untuk meraih indeks Kota Toleran lebih tinggi. Hasil evaluasi dari Setara Institute untuk Kota Kediri, akan dijadikan sebagai bahan perbaikan.

"Yang jelas ini menjadi penyemangat kami untuk selalu meningkatkan toleransi di Kota Kediri," tuturnya.

3. Ini variabel dan indikator penilaian kota toleransi

Komitmen Kota Kediri jadi Kota ToleranPiagam penghargaan kota toleran. IDN Times/ istimewa

Objek kajian Indeks Kota Toleran ini adalah 94 kota di Indonesia. Penilaiannya mengacu pada 4 variabel dengan 8 indikator di dalamnya. Variabel pertama yakni regulasi pemerintah kota, indikatornya RPJMD dan produk hukum pendukung lainnya. Dalam variabel ini Kota Kediri meraih nilai 5,83 dan pada indikator kedua kebijakan diskriminatif Kota Kediri mendapat nilai 6,70. Lalu variabel kedua yakni regulasi sosial, Kota Kediri mendapat nilai 7,00 pada indikator peristiwa toleransi, sedangkan pada indikator dinamika masyarakat sipil terkait isu toleransi mendapat nilai 5,00.

Kemudian variabel ketiga yakni tindakan pemerintah, yang di dalamnya ada indikator pernyataan pejabat kunci tentang isu toleran dan indikator tindakan nyata terkait isu toleransi, Kota Kediri mendapat nilai 6,00. Serta variabel terakhir yakni demografi sosio-keagamaan, yang di dalamnya ada dua indikator yaitu heterogenitas keagamaan penduduk dan inklusi sosial keagamaan, Kota Kediri mendapatkan nilai 5,00.

Baca Juga: Kota Bekasi dan Sukabumi Masuk 10 Derah Paling Toleran di Indonesia

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya