Ekskavasi Tahap Kedua Situs Gondang di Trenggalek, Ada Arca

Lebih lama dari kerajaan Majapahit

Trenggalek. IDN Times - Sejumlah arca, relief serta hiasan candi ditemukan dalam ekskavasi yang dilakukan tim Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jawa Timur, di Desa Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Tim telah melakukan eskavasi tahap kedua ini sejak hari Senin (07/11/2022) lalu. Ekskavasi yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dari survei penyelamatan yang sudah dilakukan pada bulan Juli lalu. Dalam survei tersebut mereka menemukan dua buah Arca dan satu relief Apsari.

1. Perkuat hasil ekskavasi sebelumnya

Ekskavasi Tahap Kedua Situs Gondang di Trenggalek, Ada ArcaTemuan arca dan fragmen di situs Gondang, Kabupaten Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Arkeolog BPK Wilayah XI Jawa Timur, Ismail Lutfi mengatakan, hasil ekskavasi tahap kedua ini memperkuat survei penyelamatan sebelumnya. Dengan ekskavasi ini, mereka semakin yakin bahwa struktur batu kuno yang ditemukan merupakan bangunan suci atau candi. Beberapa temuan menunjukkan bahwa struktur tersebut merupakan candi dengan corak hindu.

"Temuan selama ekskavasi tahap kedua ini terdapat 3 buah arca serta ikonografi lain berbahan terakota yang merupakan bagian dari candi," ujarnya, Sabtu (12/11/2022).

2. Lebih lama dari era zaman kerajaan Majapahit

Ekskavasi Tahap Kedua Situs Gondang di Trenggalek, Ada ArcaTemuan arca dan fragmen di situs Gondang, Kabupaten Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Menurut mereka, diperlukan ekskavasi tahap ketiga untuk mengetahui tata ruang candi ini. Biasanya candi kuno memiliki pola berupa candi utama dan candi perwara di depannya. Untuk mengetahui hal tersebut diperlukan area eskavasi yang lebih luas lagi. "Kita membutuhkan waktu untuk membuka lahan lain, jika ini sudah diketahui maka dipastikan usia candi ini jauh lebih lama dari era kerajaan Majapahit, Tumapel maupun Kediri," tuturnya.

Baca Juga: Ekskavasi Arca Dwarapala Singosari, Ada Bangunan Mirip Gapura 

3. Semua temuan akan dibawa ke kantor dinas

Ekskavasi Tahap Kedua Situs Gondang di Trenggalek, Ada ArcaTemuan arca dan fragmen di situs Gondang, Kabupaten Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Trenggalek, Sunyoto berencana akan menunjuk juru pelihara untuk menjaga situs ini. Mereka juga akan membentuk Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) yang saat ini belum terbentuk. Semua temuan arca dan benda arkeologi di situs Gondang dibawa ke Kantor Disparbud untuk diamankan. " Tahun depan kita usahakan akan ada eskavasi tahap ketiga," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Trenggalek: Lokasi dan Harga Tiket

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya