BPCB Jatim Temukan 3 Arca di Lokasi Survei Candi di Trenggalek

Diperkirakan berasal dari era mataram kuno

Trenggalek, IDN Times - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, menemukan tiga buah arca dalam survei penyelamatan pada struktur batu bata kuno di Desa Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Tiga arca tersebut merupakan Arca Agastya, Mahakala dan relief Apsari.

Temuan ini memperkuat dugaan mereka bahwa struktur batu bata kuno ini merupakan bagian dari candi. Diperkirakan candi ini dibangun pada era Mataram Kuno masa pemerintahan Mpu Sendok.

1. Ditemukan dalam satu kotak ekskavasi

BPCB Jatim Temukan 3 Arca di Lokasi Survei Candi di TrenggalekLokasi temuan arca di sebuah candi di Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Ketua Tim Survei BPCB Jawa Timur, Mochamad Ichwan mengatakan arca ini ditemukan dalam sebuah kotak ekskavasi yang berada di sisi timur candi. Saat melakukan penggalian sedalam 2 senitmeter, petugas menemukan adanya arca tersebut. Setelah dibersihkan jumlahnya tidak hanya satu, melainkan 3 buah arca. Kondisi arca tersebut relatif masih bagus dan mudah dikenali.

"Saat ini arca tersebut disimpan di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek," ujarnya, Sabtu (30/07/2022).

2. Mempertegas corak keagamaan candi

BPCB Jatim Temukan 3 Arca di Lokasi Survei Candi di TrenggalekRelief Apsari yang ditemukan di lokasi. IDN Times/ istimewa

Temuan ini menerangkan corak keagamaan bangunan candi tersebut. Berdasarkan arca diketahui bahwa candi ini memiliki corak Hindu Syiwa. Dari tiga arca yang ditemukan tersebut, memiliki bahan yang berbeda. Dua arca yakni Agastya dan Mahakala berbahan batu putih sedangkan untuk Relief Apsari terbuat dari terakota.

Dengan temuan ini, total terdapat 5 arca yang sudah ditemukan. Dua di antaranya ditemukan oleh pemilik lahan pada 2018 lalu. "Rinciannya ada dua Arca Mahakala, satu Arca Agastya, satu Relief Apsari dan satu fragmen Nandi," tuturnya.

Baca Juga: Tiket Naik Candi Borobudur Rp750 Ribu, Erick Thohir Jawab Begini

3. Proses survei usai, petugas tutup kembali kotak ekskavasi

BPCB Jatim Temukan 3 Arca di Lokasi Survei Candi di TrenggalekLokasi temuan arca di sebuah candi di Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Proses survey akan dilakukan hingga hari ini. Selanjutnya petugas akan menutup kembali kotak ekskavasi yang sudah dibuka dan diberi tanda. Target survei untuk mengetahui denah juga sudah terpenuhi. Selanjutnya mereka merekomendasikan untuk dilakukan ekskavasi dan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih utuh.

"Ekskavasi bisa dilakukan oleh Pemkab Trenggalek nanti kita akan mendampingi," pungkasnya.

Baca Juga: Candi di Trenggalek Ini Diduga Jejak Era Mataram Kuno

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya