BI Kediri Siapkan Rp 4,8 T Untuk Penukaran Uang Baru

Tambah lokasi penukaran uang baru

Kediri, IDN Times - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kediri menambah titik lokasi penukaran uang baru di sejumlah jalur mudik. Selain itu mereka juga menyiapkan beberapa bank di berbagai kota untuk menjadi lokasi penukaran uang baru. Tahun ini mereka total mereka menyiapkan Rp4,8 triliun untuk jasa penukaran uang baru.

1. Alokasi uang baru meningkat 7 persen

BI Kediri Siapkan Rp 4,8 T Untuk Penukaran Uang BaruKpW BI Kediri saat melaunching program Serambi. IDN Times/ istimewa

Kepala KPw BI Kediri Moch. Choirur Rofiq mengatakan, jumlah uang layak edar (ULE) untuk memenuhi ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat ini meningkat 7% dibandingkan realisasi tahun 2023. Kenaikan ini tentunya mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi yang mulai mengalami peningkatan.

"Kenaikan dari Rp4,5 triliun menjadi Rp4,8 triliun ini mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat," ujarnya, Senin (25/3/2024).

Baca Juga: Diduga Hasil Curian, Belasan Kotak Amal Kosong Ditemukan di Blitar

2. Buka layanan di semua daerah

BI Kediri Siapkan Rp 4,8 T Untuk Penukaran Uang BaruKpW BI Kediri saat menyerahkan uang baru secara simbolis. IDN Times/ istimewa

Melalui program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 yang bertema Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah, BI membuka layanan terpadu untuk melayani penukaran uang masyarakat. Termasuk layanan kas keliling di sejumlah lokasi strategis, seperti alun-alun Ngawi, alun-alun Madiun, alun-alun Blitar, alun-alun Nganjuk, alun-alun Ponorogo, alun-alun Pacitan, Pasar Baru Magetan, Pasar Pon Trenggalek, GOR Lembupeteng Tulungagung dan GNI Kota Kediri.

"Masyarakat dapat melakukan penukaran uang melalui layanan kas keliling tersebut dengan melihat jadwalnya di Instagram resmi Bank Indonesia Kediri," tuturnya.

3. Juga buka layanan di jalur mudik

BI Kediri Siapkan Rp 4,8 T Untuk Penukaran Uang Baru(IDN Times/Aditya Pratama)

Selanjutnya mulai 1-5 April 2024, masyarakat juga dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 68 titik layanan kantor cabang bank umum yang tersebar di seluruh wilayah kerja KPw BI Kediri. Tak hanya itu BI juga akan menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik. Titiknya, yaitu di kawasan SLG, pada 1 April 2024 dan rest area jalan tol 626 A, pada 2-4 April 2024.

"Kita menambah dua titik di jalur mudik yakni di kawasan simpang lima gumul dan rest area tol 626 A," pungkasnya.

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya