Bapaslon Pilkada di Tulungagung Pasang Logo Pemkab di Baliho

Bawaslu lakukan tindakan pencegahan

Tulungagung, IDN Times - Logo Pemkab Tulungagung tercatut dalam baliho sosialisasi Bapaslon Pilkada. Logo tersebut terpasang dalam baliho Bapaslon Budi Setijahadi-Susilowati. Baliho tersebut tersebar di beberapa titik. Pencantuman logo Pemkab ini menjadi polemik. Karena hal ini berkaitan dengan netralitas ASN yang telah diatur dalam UU Pemilu.

1. Bapaslon mengaku tidak mengetahui perihal pemasangan baliho

Bapaslon Pilkada di Tulungagung Pasang Logo Pemkab di BalihoKantor Bawaslu Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Komisioner KPU Bawaslu Tulungagung, Mohammad Syafiq Ansori mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Bapaslon tersebut terkait dengan pencantuman logo Pemkab ini. Hasilnya Bapaslon ini tidak mengetahui perihal pemasangan baliho tersebut. Diduga kuat pemasangan baliho ini dilakukan oleh partai pengusung maupun relawan Bapaslon ini.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan Bapaslon tersebut, mereka masih akan berkoordinasi dengan partai pengusung karena tidak mengetahui perihal pemasangan Baliho dan pencantuman logo Pemkab di baliho tersebut," ujarnya, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: Belum Genap Sebulan, Puluhan Anggota DPRD Tulungagung Gadaikan SK

2. Baliho sosialisasi belum masuk tahapan kampanye

Bapaslon Pilkada di Tulungagung Pasang Logo Pemkab di BalihoLogo Pemkab Tulungagung dicatut dalam Baliho Bapaslon di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Secara peraturan sebenarnya pencantuman logo Pemkab tersebut tidak termasuk dalam pelanggaran. Karena Bapaslon ini belum ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU. Selain itu saat ini juga belum masuk tahapan kampanye. Namun Bawaslu melakukan upaya tindakan pencegahan pelanggaran dengan melakukan koordinasi dengan Bapaslon tersebut. "Dengan koordinasi ini kita melakukan upaya tindakan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran," tuturnya.

3. Klarifikasi ke partai pengusung terkait baliho

Bapaslon Pilkada di Tulungagung Pasang Logo Pemkab di BalihoPasangan Budi Setyahadi-Susilowati saat mendaftar ke KPU Tulungagung. IDN Times/ Bramata Pamungkas

Bawaslu juga akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Satpol PP dan Pemkab terkait permasalahan ini. Konfirmasi kepada PKB selaku partai pegusung juga akan dilakukan. Mereka bakal meminta keterangan dan membahas permasalahan ini lebih detail. "Kita akan berkoordinasi dan melakukan klarifikasi ke partai juga," pungkasnya.

Baca Juga: Profil 4 Bapaslon di Pilkada Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya